Peningkatan Kemampuan Analisis Melalui Strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Recite, Reflect, Review) Pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar
(1) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
(2) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v10i3.15182
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Achmad, P. I. (2016). Pengaruh Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Analisis Siswa Kelas IV SD Se-Gugus Boden Powell Gebang. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(19), 1861–1869. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/view/2548/2183
Adlina, N., Helmi, & Rusli, M. A. (2018). Penerapan Strategi Pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik SMAN 1 Tinambung. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika, 14(1), 40–45.
Ahmad, F. Z., & Damayanti, M. I. (2013). Penerapan Strategi PQ4R untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Pada Siswa Sekolah Dasar. JPGSD, 1(2), 1–8.
Al-Tabany, T. I. B. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Konsep, Landasan, dan Ilmplementasinya pada Kurikulum 2013 (Kurikulum Tematik Integratif/KTI). Kencana.
Astriani, D., Susilo, H., Suwono, H., & Lukiati, B. (2017). Profil Keterampilan Berpikir Analitis Mahasiswa Calon Guru IPA Dalam Perkuliahan Biologi Umum. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 2(1), 66–70. https://doi.org/10.26740/jppipa.v2n2.p66-70
Dewi, E. M., Annisa, M., & Kunadi, D. (2018). Pengembangan Modul IPA Berbasis Keterampilan Proses Sains Untuk Mengembangkan Karakter Pada Siswa Kelas V A SDN 007 Tarakan. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 8(2), 54–66. https://doi.org/10.24929/lensa.v8i2.36
Irianto, D. M., Nadiroh, & Nuryadin, S. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran dan Hasil Belajar IPA Terhadap Kemampuan Memcahkan Masalah Lingkungan Hidup. PLPB: Pendidikan Lingkungan Dan Pembangunan Berkelanjutan, 16(2), 122–144. https://doi.org/10.21009/PLPB
Mukhbitah, I., Mulyasari, E., & Robandi, B. (2019). Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 312–321. https://doi.org/10.17509/jpgsd.v4i2.20561
Nawawi, S., Oviyanti, F., & Faizah, U. (2017). Pengaruh Model Generative Learning terhadap Kemampuan Analisis Siswa pada Materi Sistem Saraf Manusia. Edubiotik, 2(2), 30–39. https://doi.org/10.15797/concom.2019..23.009
Novita, S., Santosa, S., & Rinanto, Y. (2016). Perbandingan Kemampuan Analisis Siswa melalui Penerapan Model Cooperative Learning dengan Guided Discovery Learning. Proceeding Biology Education Conference, 13(1), 359–367.
Pasinggi, Y. S. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Siswa tentang Pembelajaran Soal Cerita Operasi Hitung Campuran Melalui Model Kooperatif Tipe STAD di Kelas III SDN 44 Parepare. Jurnal Publikasi Pendidikan, 6(2), 111–118.
Pramana, K. A. B., Lasmawan, I. W., & Marhaeni, A. A. I. N. (2014). Pengaruh Penerapan Pembelajaran PQ4R Kontekstual Terhadap Hasil Belajar IPS Dan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Kelas V SD Gugus I Gianyar. Jurnal Pendidikan Dasar Ganesha, 4(1), 1 11.
Qomariya, Y., Muharrami, L. K., Hadi, W. P., & Rosidi, I. (2018). Profil Kemampuan Berpikir Analisis Siswa SMP Negeri 3 Bangkalan dengan Menggunakan Metode Pictorial Riddle Dalam Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Journal of Natural Science Education Research, 1(1), 9–18. https://journal.trunojoyo.ac.id/nser/article/view/4172
Rosadi, I., & Sunarno, W. (2018). Profil Keterampilan Berpikir Analitis Siswa Kelas XI MIA Madrasah Aliyah Negeri 2 Ngawi. Seminar Nasional Biologi Pendidikan Biologi UKSW, 250–256.
Sayekti, I. C. (2016). Pembelajaran IPA Menggunakan Inkuiri Terbimbing Melalui Eksperimen dan Demonstrasi Ditinjau Dari Kemampuan Analisis Siswa. Jurnal Pendidikan Sains, 4(1), 6–16. https://doi.org/10.26714/jps.4.1.2016.6-16
Ulfa, M. (2019). Strategi Preview , Question , Read , Reflect , Recite , Review (PQ4R) Pada Pemahaman Konsep Matematika. Mathema Journal, 1(1), 48–55.
Article Metrics
Abstract view : 773 times | PDF view : 6 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Sri Lestari Handayani, Meike Anjar Dewanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan
ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by