Peningkatan Kemampuan Analisis Melalui Strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Recite, Reflect, Review) Pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar

Sri Lestari Handayani(1*), Meike Anjar Dewanti(2),

(1) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
(2) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v10i3.15182

Abstract


Penelitian memiliki tujuan untuk meningkatkan kemampuan analisis siswa Sekolah Dasar (SD) dengan menerapkan strategi pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Recite, Reflect, Review). Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah Kelas V SD Negeri Cipayung Depok yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Tes yang digunakan berupa tes tertulis berbentuk soal uraian. Instrumen observasi menggunakan lembar observasi. Teknik analisis data berupa teknik analisis data deskriptif berupa prosentase ketuntasan belajar pada masing-masing siklus. Pada siklus I, diperoleh hasil bahwa rata-rata kemampuan analisis siswa sebesar 75,07 dan ketuntasan belajar siswa sebanyak strategi model pembelajaran PQ4R dapat meningkatkan kemampuan analisis siswa. Hal ini terjadi karena ada peningkatan kualitas pembelajaran yang dialami oleh siswa melalui pembelajaran P4QR meliputi peningkatan keaktifan siswa baik dalam bentuk minat belajar, perhatian terhadap pelajaran, angka partisipasi, dan presentasi peserta didik dalam kegiatan pembelajaran IPA.

Full Text:

PDF

References


Achmad, P. I. (2016). Pengaruh Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Analisis Siswa Kelas IV SD Se-Gugus Boden Powell Gebang. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(19), 1861–1869. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/view/2548/2183

Adlina, N., Helmi, & Rusli, M. A. (2018). Penerapan Strategi Pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik SMAN 1 Tinambung. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika, 14(1), 40–45.

Ahmad, F. Z., & Damayanti, M. I. (2013). Penerapan Strategi PQ4R untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Pada Siswa Sekolah Dasar. JPGSD, 1(2), 1–8.

Al-Tabany, T. I. B. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Konsep, Landasan, dan Ilmplementasinya pada Kurikulum 2013 (Kurikulum Tematik Integratif/KTI). Kencana.

Astriani, D., Susilo, H., Suwono, H., & Lukiati, B. (2017). Profil Keterampilan Berpikir Analitis Mahasiswa Calon Guru IPA Dalam Perkuliahan Biologi Umum. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 2(1), 66–70. https://doi.org/10.26740/jppipa.v2n2.p66-70

Dewi, E. M., Annisa, M., & Kunadi, D. (2018). Pengembangan Modul IPA Berbasis Keterampilan Proses Sains Untuk Mengembangkan Karakter Pada Siswa Kelas V A SDN 007 Tarakan. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 8(2), 54–66. https://doi.org/10.24929/lensa.v8i2.36

Irianto, D. M., Nadiroh, & Nuryadin, S. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran dan Hasil Belajar IPA Terhadap Kemampuan Memcahkan Masalah Lingkungan Hidup. PLPB: Pendidikan Lingkungan Dan Pembangunan Berkelanjutan, 16(2), 122–144. https://doi.org/10.21009/PLPB

Mukhbitah, I., Mulyasari, E., & Robandi, B. (2019). Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 312–321. https://doi.org/10.17509/jpgsd.v4i2.20561

Nawawi, S., Oviyanti, F., & Faizah, U. (2017). Pengaruh Model Generative Learning terhadap Kemampuan Analisis Siswa pada Materi Sistem Saraf Manusia. Edubiotik, 2(2), 30–39. https://doi.org/10.15797/concom.2019..23.009

Novita, S., Santosa, S., & Rinanto, Y. (2016). Perbandingan Kemampuan Analisis Siswa melalui Penerapan Model Cooperative Learning dengan Guided Discovery Learning. Proceeding Biology Education Conference, 13(1), 359–367.

Pasinggi, Y. S. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Siswa tentang Pembelajaran Soal Cerita Operasi Hitung Campuran Melalui Model Kooperatif Tipe STAD di Kelas III SDN 44 Parepare. Jurnal Publikasi Pendidikan, 6(2), 111–118.

Pramana, K. A. B., Lasmawan, I. W., & Marhaeni, A. A. I. N. (2014). Pengaruh Penerapan Pembelajaran PQ4R Kontekstual Terhadap Hasil Belajar IPS Dan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Kelas V SD Gugus I Gianyar. Jurnal Pendidikan Dasar Ganesha, 4(1), 1 11.

Qomariya, Y., Muharrami, L. K., Hadi, W. P., & Rosidi, I. (2018). Profil Kemampuan Berpikir Analisis Siswa SMP Negeri 3 Bangkalan dengan Menggunakan Metode Pictorial Riddle Dalam Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Journal of Natural Science Education Research, 1(1), 9–18. https://journal.trunojoyo.ac.id/nser/article/view/4172

Rosadi, I., & Sunarno, W. (2018). Profil Keterampilan Berpikir Analitis Siswa Kelas XI MIA Madrasah Aliyah Negeri 2 Ngawi. Seminar Nasional Biologi Pendidikan Biologi UKSW, 250–256.

Sayekti, I. C. (2016). Pembelajaran IPA Menggunakan Inkuiri Terbimbing Melalui Eksperimen dan Demonstrasi Ditinjau Dari Kemampuan Analisis Siswa. Jurnal Pendidikan Sains, 4(1), 6–16. https://doi.org/10.26714/jps.4.1.2016.6-16

Ulfa, M. (2019). Strategi Preview , Question , Read , Reflect , Recite , Review (PQ4R) Pada Pemahaman Konsep Matematika. Mathema Journal, 1(1), 48–55.


Article Metrics

Abstract view : 773 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Sri Lestari Handayani, Meike Anjar Dewanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by