Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Terhadap Hasil Belajar Matematika

Nana Harlina Haruna(1*), Muhdaniar Darwis(2),

(1) Universitas Sawerigading Makassar
(2) Universitas Sawerigading Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v10i3.15159

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah menelaah Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil BelajarMatematika. Pendekatan yang digunakan adalah Pre Experimental Design dengan tipe One-Shot Case Study dimana peneliti hanya mengadakan treatment satu kali yang diperkirakan sudah mempunyai pengaruh. Kemudian diadakan post test. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa SDN 149 Tungke dengan sampel kelas VA sebagai Kelas Eksperimen dan VB sebagai Kelas Kontrol. Teknik analisis data terdiri dari Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji Hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match pada mata pelajaran matematika memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa yang meningkat sehingga memberikan pengaruh yang signifikan.

Keywords


Model Pembelajaran Kooperatif; Tipe Make A Match; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


E. Slavin, Robert. 2005. Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Fahrurozi, Muh. Dkk. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi. Education ; Jurnal Ilmu Kependidikan, 2(1), 139–147.

Lapono, Nabisi. Dkk. 2008. Belajar dan Pembelajaran SD. Departemen Pendidikan nasional.

Minatul Maula, Rustopo. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD. MALIH PEDDAS; Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(2), 36-41.

Nafisha, Vanya. Dkk. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Jenis-jenis Pekerjaan di SD. Pedadidaktika; Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. 4(2), 199-207.

Nuraida dan Halid Alkaf. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan. Ciputat: Islamic Research Publishing.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru, Edisi Kedua. Jakarta: Grafindo.

Sri Windayani, Kadek. Dkk. 2017. Pengaruh Model Make A Match Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV SD. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. 5(2),1-10.

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Article Metrics

Abstract view : 1027 times | PDF view : 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Nana Harlina Haruna, Muhdaniar Darwis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by