Penggunaan Media Puzzel Bagi Mahasiswa PGSD FIP UNM Parepare

Bahar Bahar(1*), Amrah Amrah(2), Latri Latri(3), Muh Faisal(4), Erma Suryani Sahabuddin(5),

(1) Universitas Sawerigading Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v11i2.15158

Abstract


Tujuan kegiatan yang diinginkan adalah mengenalkan cara-cara penggunaan dan pembuatan alat peraga puzzle sedini mungkin bagi mahasiswa PGSD FIP UNM karena kebanyakan guru sekolah dasar kesulitan dalam mengajarkan matematika, khususnya untuk materi geometri. Hal ini dikarenakan kurangnya ketersediaan media terkhusus media puzzle serta tidak dilengkapi cara penggunaannya. Metode yang digunakan dalam pengabdian adalah penyampaian materi secara ceramah dan demonstrasi, praktik pembuatan alat peraga oleh para peserta, dan praktik simulasi penggunaan alat peraga oleh kelompok-kelompok peserta. Produk yang dihasilkan selama pengabdian adalah media puzzle yang terbentuk dari 7 kepingan bangun datar geometri diantaranya bangun datar geometri yang dipotong menjadi bentuk-bentuk tertentu seperti, Dua segitiga siku-siku sama kaki (besar), Dua segitiga siku-siku sama kaki (kecil), Satu segitiga siku-siku sama kaki (sedang), Satu bujursangkar (kecil), dan Satu jajaran genjang yang dapat dimanipulatif keberbagai bentuk

Keywords


media puzzle.

Full Text:

PDF

References


Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Iswandi, D. (2003). Pengembangan Media atau Alat Peraga Pembelajaran Matematika. Makalah (Tidak diterbitkan).

Russeffendi. (1992). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya Jakarta: Rineka Cipta


Article Metrics

Abstract view : 196 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Bahar, Amrah, Latri, Muh. Faisal, Erma Suryani Sahabuddin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.