Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Socrative Untuk Meningkatkan Literasi Digital Guru di Kecamatan Pangkalan Kuras
(1) Chemistry Education Department, Faculty of Teaching and Education Science, University of Riau, Indonesia
(2) Chemistry Education Department, Faculty of Teaching and Education Science, University of Riau, Indonesia
(3) Chemistry Education Department, Faculty of Teaching and Education Science, University of Riau, Indonesia
(4) Chemistry Education Department, Faculty of Teaching and Education Science, University of Riau, Indonesia
(5) Chemistry Education Department, Faculty of Teaching and Education Science, University of Riau, Indonesia
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v11i1.14951
Abstract
Kompetensi yang dibutuhkan di era Industri 4.0 salah satunya adalah literasi digital. Literasi digital adalah kemampuan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk mendapatkan informasi dan memilahnya. Kemampuan TIK guru di Kecamatan Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan sudah cukup baik. Indikasinya adalah sebagian besar guru telah bisa menggunakan media sosial yang diakses melalui smartphone dan netbook pribadi. Namun, kemampuan ini belum dimanfaatkan untuk menerapkan proses pembelajaran berbasis digital di kelas. Hal ini disebabkan guru masih memiliki keterbatasan menggunakan smartphone atau netbook sebagai media pembelajaran online. Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Riau menawarkan pelatihan pembuatan media pembelajaran digital berbasis Socrative untuk guru di Kecamatan Pangkalan Kuras sebagai sebagai salah satu kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Guru antusias dalam mengikuti pelatihan yang diadakan. Sebagian guru mampu menerapkan pembelajaran berbasis Socrative di kelas. Sedangkan sebagian lagi, tidak bisa menerapkan pembelajaran berbasis digital di kelas karena minimnya siswa yang mempunyai smartphone serta adanya peraturan sekolah yang tidak membolehkan siswa menggunakan smartphone di sekolah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aeni, E. S., & Lestari, R. D. (2018). Penerapan Metode Mengikat Makna dalam Pembelajaran Menulis Cerpen pada Mahasiswa IKIP Siliwangi Bandung. Sematik, 7(1), 1–13. https://doi.org/10.22460/semantik.vXiX.XXX
Batubara, D. S. (2017). Kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi Guru SD/MI (Potret, Faktor-faktor, dan Upaya Meningkatkannya). Muallimuna, 3(1), 48–65. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v3i1.954
Budiharti, R., Ekawati, E. Y., Wahyuningsih, D., & H, F. F. (2015). Penggunaan Blended Learning dengan Media Moodle untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa SMP. Cakrawala Pendidikan, 34(1), 140–148. https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.4184
Cholily, Y. M., Putri, W. T., & Kusgiarohmah, P. A. (2019). Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Penelitian Pendidikan Matematika (SNP2M) 2019 UMT, 1–6.
Fitriyadi, H. (2013). Keterampilan TIK guru produktif SMK di Kabupaten Hulu Sungai Utara dan implementasinya dalam pembelajaran. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(2), 213–233. https://doi.org/10.21831/jpv.v2i2.1033
Fukuyama, M. (2018). Society 5.0: Aiming for a New Human-centered Society. Japan SPOTLIGHT, 27(Society 5.0), 47–50.
Hadi, F., Syafi’i, A., & Isgandi, Y. (2020). Pelatihan Penerapan Pembelajaran Daring Interaktif Bagi Guru-Guru SD Al Islam Morowudi, Gresik. To Maega : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 142. https://doi.org/10.35914/tomaega.v3i2.420
Inggriyani, F., Fazriyah, N., Hamdani, A. R., & Purbasari, A. (2020). Pendampingan Model Pembelajaran Inovatif menggunakan Kahoot sebagai Digital Game Based Learning Di KKG Sekolah Dasar. Publikasi Pendidikan, 10(1), 59. https://doi.org/10.26858/publikan.v10i1.11992
Kagermann, Wahlster, W., & Helbig, J. (2013). Recommendations for implementing the strategic initiative INDUSTRIE 4.0. Final Report of the Industrie 4.0 WG, (April).
Kaya, A., & Balta, N. (2016). Taking Advantages of Technologies: Using the Socrative in English Language Teaching Classes. International Journal of Social Sciences & Educational Studies, 2(3), 4–12.
Kurnia, N., & Astuti, S. I. (2017). Peta Gerakan Literasi Digital Di Indonesia: Studi Tentang Pelaku, Ragam Kegiatan, Kelompok Sasaran Dan Mitra Yang Dilakukan Oleh Japelidi. Informasi:Kajian Ilmu Komunikasi, 47(2), 149–166. https://doi.org/10.21831/informasi.v47i2.16079
Lalima, D., & Lata Dangwal, K. (2017). Blended Learning: An Innovative Approach. Universal Journal of Educational Research, 5(1), 129–136. https://doi.org/10.13189/ujer.2017.050116
Mendez, D., & Slisko, J. (2013). Software Socrative and smartphones as tools for implementation of basic processes of active physics learning in classroom: An initial feasibility study with prospective teachers. European Journal of Physics Education, 4(2), n/a.
Pelalawan, B. (2020). Kabupaten Pelalalawan dalam Angka 2020 (B. Pelalawan, ed.). Pangkalan Kerinci: BPS Pelalawan.
Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar Di Kabupaten Banjarnegara. Elementary School, 7(2), 297–302. Retrieved from https://www.golder.com/insights/block-caving-a-viable-alternative/
Syamsuar, S., & Reflianto, R. (2019). Pendidikan dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2), 1–13. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/et.v2i2.101343
Tsaniyah, N., & Juliana, K. A. (2019). Literasi Digital Sebagai Upaya Menangkal Hoaks di Era Disrupsi. Al-Balagh: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 4(1), 121–140. https://doi.org/10.22515/balagh.v4i1.1555
Article Metrics
Abstract view : 637 times | PDF view : 7 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Abdullah Abdullah, Jimmi Copriady, Betty Holiwarni, Ardiansyah Ardiansyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan
ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.