Menjadi Guru Yang Siap di masa Pandemi Covid-19, Melalui Workshop Penggunaan Edmodo dan google classroom pada pembelajaran Daring

Haris Kurniawan(1*), Eva Susanti(2), Nurfisi Arriyani(3),

(1) Universitas Tamansiswa Palembang
(2) Universitas Tamansiswa Palembang
(3) Universitas Tamansiswa Palembang
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v11i1.14427

Abstract


Pembelajaran daring merupakan adaptasi dari pembelajaran tatap muka yang tidak bisa dilaksanakan semasa pandemi covid – 19, oleh karena itu mengkondisikan pembelajaran daring dengan baik tanpa merubah makna pembelajaran tatap muka adalah hal yang mesti di persiapakan oleh seorang guru. fasilitas pendukung yang merata yang dimiliki guru dan siswa di Faza Islamic school dan sekolah islam Ya Bunayya merupakan peluang yang sangat baik dalam mengkondisikan pembelajaran berbasis ini platform Learning Management System (LMS). Akan tetapi sebagian besar proses pembelajaran yang terjadi masih menggunakan media social. Tujuan diadakannya workshop ini adalah untuk membekali dan memberikan tambahan pilihan Platform dalam penerapan pembelajaran daring. Agar para guru dapat berinovasi dan berkreasi dalam proses pengajaran secara daring dimasa pandemi ini. Metode yang diberikan adalah dalam bentuk penyuluhan berupa workshop dan pendampingan penggunaan aplikasi Edmodo dan google classroom. Pesertanya adalah guru – guru di sekolah tersebut. kegiatan dilaksanakan pada tanggal 11 Juli 2020 pemberian materi, 12 - 18 Juli 2020 praktik dan pendampingan. Berdasarkan hasil kegiatan tampak antusiasme, kreasi dan inovasi guru dalam merancang pembelajaran secara daring, ditinjau dari hasil rancangan kelas yang mereka buat

Keywords


Guru siap, Edmodo, Google classroom, covid – 19

Full Text:

PDF

References


Arifa, F. N. (2020). Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Covid-19. Info Singkat;Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual Dan Strategis, XII(7/I), 6. http://berkas.dpr.go.id/puslit/files/info_singkat/Info Singkat-XII-7-I-P3DI-April-2020-1953.pdf

Asih Theffidy, S. G. (2020). Guru Di Era Revolusi Industri 4.

Kemdikbud. (2020). Panduan Pembelajaran Jarak Jauh Tujuan Bagi GURU selama Sekolah Tutup dan Pandemi Covid 19 dengan semangat Merdeka Belajar. Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan.

Pribadi, B. A. (2017). Media dan Teknologi dalam Pembelajaran (1st ed.). KENCANA.

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Choi, C. H., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397

Santoso, D. H., & Santosa, A. (2020). COVID-19 DALAM RAGAM TINJAUAN PERSPEKTIF (D. H. Santoro (ed.)). MBridge Press.

Yudhanto, Y., Yang, Y., Cornelius, L. F., Sulistyanto, M. P. T., Nugraha, D. A., Sari, N., Karima, N., Asrori, W., Pambudi, A., Njeru, A. M., Omar, M. S., Yi, S., Paracha, S., Wannous, M., Junaidi, A., Iot, D., Daya Negeri Wijaya, Davies, T., Cahyono, G. H., … Qomarudin, M. N. (2015). Esensi Pengembangan Pembalajaran Daring. Proceedings of the 2017 IEEE International Conference on Applied System Innovation: Applied System Innovation for Modern Technology, ICASI 2017, 1(3), 131. https://doi.org/10.1109/ICASI.2017.7988469


Article Metrics

Abstract view : 517 times | PDF view : 11 times

Refbacks





Copyright (c) 2021 Haris Kurniawan, Eva Susanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by