Peningkatan Kreativitas Mahasiswa PGSD dalam Mendesain Media Pembelajaran
(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v10i2.13979
Abstract
Kreativitas merupakan salah satu kunci kesuksesan seseorang. Sebagai calon pendidik, mahasiswa harus memiliki kreativitas, salah satunya kreativitas dalam mendesain media pembelajaran. Media pembelajaran yang dirancang sendiri oleh guru, diharapkan akan lebih efektif dan efesien dalam memprasaranai proses pembelajaran sehingga terjadi pembelajaran yang bermakna dan mendukung tercapainya tujuan pembelajaran. Melalui penerapan metode pembelajaran Project Based Learning (PjBL), mahasiswa PGSD mampu meningkatkan kreativitasnya dalam mendesain media pembelajaran bagi siswa SD. Hal ini terlihat dari data hasil obervasi kreativitas mahasiswa yang mengalami peningkatan, dimana pada pra siklus sebesar 51,2%, pada siklus I meningkat menjadi 63,4%, dan pada siklus II meningkat menjadi 74,1%. Pada siklus I mahasiswa menghasilkan media pembelajaran yang berupa media konvensional. Sedangkan pada siklus II proyek yang dikerjakan mahasiswa yaitu media pembelajaran digital (video). Adapun kualitas media pembelajaran yang dihasilkan mendapakan kategori layak (baik) dengan rerata skor 3,34.
Peningkatan kreativitas mahasiswa PGSD dalam mendesain media pembelajaran berhasil karena dengan penerapan metode pembelajaran Project Based Learning (PjBL) mahasiswa dituntut untuk memecahkan permasalahan terkait pentingnya mendesain media pembelajaran yang mendukung tercapainya tujuan pembelajaran, mahasiswa terlibat aktif, terlihat senang, mampu bekerjasama dalam tim, serta mampu memberikan ide maupun pendapat selama proses pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, R. (2017). Pembelajaran Dalam Perspektif Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1), 35. https://doi.org/10.22373/lj.v4i1.1866
Ardianti, S. D., Pratiwi, I. A., & Kanzunnudin, M. (2017). Implementasi Project Based Learning (PjBL) Berpendekatan Science Edutainment Terhadap Kreativitas Peserta Didik. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2), 145–150. https://doi.org/10.24176/re.v7i2.1225
Arikunto, Suharsimi. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Azhar Arsyad. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta, Rajawali Press.
Divan, S., Baci, R., Nardi, M., Wejang, H. E. A., Sam, A., & Rofita, D. (2020). Peningkatan Kreativitas Guru dalam Mendesain Kartu menjadi Media Pembelajaran di Sekolah Dasar. Randang Tana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 85–92. https://doi.org/https://doi.org/10.36928/jrt.v3i2.386
Fatmawiyati, J. (2018). Telaah Kreativitas. Tersedia (online): https://www.researchgate.net/publication/328217424 (6 Juni 2020). October, 0–21.
Haylock, D. (1997). Recognizing Mathematical Creativity in Schoolchildren, Mathematische Kreativität bei Schulkindern erkennen. ZDM Mathematics Education Journal, 29, 68–74. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/s11858-997-0002-y
Hopkins, David (2008). A Teacher’s Guide to Classroom Research Fourth edition. Philadephia: Open University Press.
Hotimah, & Muhtadi, A. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif IPA untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Materi Mikroorganisme SMP. 4(2), 201–213. https://journal.uny.ac.id/index.php/jitp/article/view/15047/10628
Kusumah, W dan Dwitagama, D. (2010). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Indeks.
Kaufman, J. C., & Sternberg, R. J. (2011). The Cambridge handbook of creativity. In Choice Reviews Online (Vol. 48, Issue 09). https://doi.org/10.5860/choice.48-5383
Mahmudi, A. (2008). Tinjauan Kreativitas dalam Pembelajaran Matematika. Tinjauan Kreativitas Dalam Pembelajaran Matematika, 4(2), 37–49. https://doi.org/10.21831/pg.v4i2.559
Munandar, S. C. U. (1997). Inisiatif Dan Kreativitas Anak. Psikologika, 2.
Nakin, J. B. . (2003). Ceativity and Divergent Thinking in Geometry Education. Disertasi University of South Africa. [Online]. https://core.ac.uk/download/pdf/43164736.pdf
Purwanto, B. (2011). Pentingnya Kreativitas Guru dan Calon Guru Fisika SMA Dalam Upaya Pengembangan dan Pengadaan Alat Demonstrasi/Eksperimen Untuk Menjelaskan Konsep Dasar Fisika. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan Dan Penerapan MIPA, 1, 229–238.
Rohani. (2017). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini melalui Media Bahan Bekas. Raudhah, 05(2), 137. https://doi.org/10.30870/jpppaud.v4i2.4653
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R & D). Bandung: ALFABETA
Sulipan. (2008). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Bandung: Widyaiswara.
Titu, A. M. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Kreatifitas Siswa pada Materi Konsep Masalah Ekonomi. Prosiding Seminar Nasional.
Article Metrics
Abstract view : 17378 times | PDF view : 3 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Hotimah Hotimah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan
ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by