Peningkatan Kreativitas Mahasiswa PGSD dalam Mendesain Media Pembelajaran

Hotimah Hotimah(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v10i2.13979

Abstract


Kreativitas merupakan salah satu kunci kesuksesan seseorang. Sebagai calon pendidik, mahasiswa harus memiliki kreativitas, salah satunya kreativitas dalam mendesain media pembelajaran. Media pembelajaran yang dirancang sendiri oleh guru, diharapkan akan lebih efektif dan efesien dalam memprasaranai proses pembelajaran sehingga terjadi pembelajaran yang bermakna dan mendukung tercapainya tujuan pembelajaran. Melalui penerapan metode pembelajaran Project Based Learning (PjBL), mahasiswa PGSD mampu meningkatkan kreativitasnya dalam mendesain media pembelajaran bagi siswa SD. Hal ini terlihat dari data hasil obervasi kreativitas mahasiswa yang mengalami peningkatan, dimana pada pra siklus sebesar 51,2%, pada siklus I meningkat menjadi 63,4%, dan pada siklus II meningkat menjadi 74,1%. Pada siklus I mahasiswa menghasilkan media pembelajaran yang berupa media konvensional. Sedangkan pada siklus II proyek yang dikerjakan mahasiswa yaitu media pembelajaran digital (video). Adapun kualitas media pembelajaran yang dihasilkan mendapakan kategori layak (baik) dengan rerata skor 3,34.

 Peningkatan kreativitas mahasiswa PGSD dalam mendesain media pembelajaran berhasil karena dengan penerapan metode pembelajaran Project Based Learning (PjBL) mahasiswa dituntut untuk memecahkan permasalahan terkait pentingnya mendesain media pembelajaran yang mendukung tercapainya tujuan pembelajaran, mahasiswa terlibat aktif, terlihat senang, mampu bekerjasama dalam tim, serta mampu memberikan ide maupun pendapat selama proses pembelajaran.


Keywords


kreativitas, media pembelajaran, project based learning

Full Text:

PDF

References


Abdullah, R. (2017). Pembelajaran Dalam Perspektif Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1), 35. https://doi.org/10.22373/lj.v4i1.1866

Ardianti, S. D., Pratiwi, I. A., & Kanzunnudin, M. (2017). Implementasi Project Based Learning (PjBL) Berpendekatan Science Edutainment Terhadap Kreativitas Peserta Didik. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2), 145–150. https://doi.org/10.24176/re.v7i2.1225

Arikunto, Suharsimi. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Azhar Arsyad. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta, Rajawali Press.

Divan, S., Baci, R., Nardi, M., Wejang, H. E. A., Sam, A., & Rofita, D. (2020). Peningkatan Kreativitas Guru dalam Mendesain Kartu menjadi Media Pembelajaran di Sekolah Dasar. Randang Tana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 85–92. https://doi.org/https://doi.org/10.36928/jrt.v3i2.386

Fatmawiyati, J. (2018). Telaah Kreativitas. Tersedia (online): https://www.researchgate.net/publication/328217424 (6 Juni 2020). October, 0–21.

Haylock, D. (1997). Recognizing Mathematical Creativity in Schoolchildren, Mathematische Kreativität bei Schulkindern erkennen. ZDM Mathematics Education Journal, 29, 68–74. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/s11858-997-0002-y

Hopkins, David (2008). A Teacher’s Guide to Classroom Research Fourth edition. Philadephia: Open University Press.

Hotimah, & Muhtadi, A. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif IPA untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Materi Mikroorganisme SMP. 4(2), 201–213. https://journal.uny.ac.id/index.php/jitp/article/view/15047/10628

Kusumah, W dan Dwitagama, D. (2010). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Indeks.

Kaufman, J. C., & Sternberg, R. J. (2011). The Cambridge handbook of creativity. In Choice Reviews Online (Vol. 48, Issue 09). https://doi.org/10.5860/choice.48-5383

Mahmudi, A. (2008). Tinjauan Kreativitas dalam Pembelajaran Matematika. Tinjauan Kreativitas Dalam Pembelajaran Matematika, 4(2), 37–49. https://doi.org/10.21831/pg.v4i2.559

Munandar, S. C. U. (1997). Inisiatif Dan Kreativitas Anak. Psikologika, 2.

Nakin, J. B. . (2003). Ceativity and Divergent Thinking in Geometry Education. Disertasi University of South Africa. [Online]. https://core.ac.uk/download/pdf/43164736.pdf

Purwanto, B. (2011). Pentingnya Kreativitas Guru dan Calon Guru Fisika SMA Dalam Upaya Pengembangan dan Pengadaan Alat Demonstrasi/Eksperimen Untuk Menjelaskan Konsep Dasar Fisika. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan Dan Penerapan MIPA, 1, 229–238.

Rohani. (2017). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini melalui Media Bahan Bekas. Raudhah, 05(2), 137. https://doi.org/10.30870/jpppaud.v4i2.4653

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R & D). Bandung: ALFABETA

Sulipan. (2008). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Bandung: Widyaiswara.

Titu, A. M. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Kreatifitas Siswa pada Materi Konsep Masalah Ekonomi. Prosiding Seminar Nasional.


Article Metrics

Abstract view : 17079 times | PDF view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Hotimah Hotimah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.