Perbaikan Kualitas Pembelajaran Melalui Pelatihan Pemilihan Model Pembelajaran Dan Pemanfaatan Media Ajar Di Sekolah Dasar Wilayah Perbatasan

Pebria Dheni Purnasari(1*), Yosua Damas Sadewo(2),

(1) STIM Shanti Bhuana
(2) STIM Shanti Bhuana
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v10i2.13846

Abstract


Pelaksanaan pembelajaran yang baik akan menunjang tercapainya tujuan pembelajaran, kondisi ini tentuya menjadi fokus oleh setiap instansi pendidikan untuk menciptakan proses pembelajaran yang efektif dan sesuai kebutuhan. Namun sayangnya upaya tersebut belum maksimal di SDN 10 Melakos, dengan demikian dilakukan program pendampingan untuk merancang pembelajaran sehingga mampu mencapai tujuan pembelajaran yang ditetapkan. SDN 10 Melakos yang berlokasi di Kecamatan Sungai Betung Kabupaten Bengkayang merupakan salah satu SD yang dapat dikatakan berlokasi di perbatasan mengingat Kabupaten Bengkayang merupakan wilayah yang berbatasan dengan Malaysia. Berdiri di wilayah perbatasan membuat para guru di SDN 10 Melakos terus berjuang terlebih lagi kondisi sekolah yang masih tergolong SD Mini yang berarti masih dalam tahap perkembangan tentunya memberi tantangan tersendiri. Program Pengabdian yang diberikan dengan fokus pelatihan pemilihan model pembelajaran sekaligus mengembangkan dan membuat bahan ajar menjadi salah satu solusi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SDN 10 Sungai Betung. Program Pengabdian yang dilakukan dalam beberapa tahapan yakni diskusi, tutoria, dan observasi-evaluasi memberikan dampak positif. Program ini dapat berjalan dan berakhir dengan baik dengan hasil meningkatnya pemahaman guru terkait penggunaan model pembelajaran serta pemanfaatan bahan ajar. Dengan demikian proses pembelajaran dapat lebih bervariatif dan berujung pada meningkatnya kualitas pembelajaran di SDN 10 Melakos.

Keywords


kualitas pembelajaran; model pembelajaran; media ajar

Full Text:

PDF

References


Anugraheni, I., 2017. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Proses Belajar Guru-Guru Sekolah Dasar. Kelola:Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), pp. 205-212.

Ardiansyah, R., Diella, D. & Suhendi, H. Y., 2020. Pelatihan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Abad 21 Dengan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis STEM Bagi Guru IPA. Jurnal Publikasi Pendidikan, 10(1), pp. 31-36.

Fakhrurrazi, 2018. Hakikat Pembelajaran Yang Efektif. Jurnal At-Tafkir, 11(1), pp. 85-99.

Falahudin, I., 2014. Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1(4), pp. 104-117.

Joyce, B. & Weil, M., 1980. Model of Teaching. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Karo, I. R. & Rohani, 2018. Manfaat Media Dalam Pembelajaran. Axiom, 7(1), pp. 91-96.

Pingge, H. D. & Wangid, M. N., 2016. Faktor yang Mempengaruhi Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Kecamatan Kota Tambaloka. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(1), pp. 146-167.

Purnasari, P. D. & Sadewo, Y. D., 2019. Pendidikan Ketahanan Sosial dan Ekonomi Dalam Meningkatkan Karakter Nasionalisme dan Wawasan Bela Negara. Bogor, Lembaga Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat, Universitas Pertahanan, pp. 64-70.

Purnasari, P. D. & Sadewo, Y. D., 2019. Penerapan Model Pembelajaran PBL Dalam Meningkatkan Aktivitas, Minat, dan hasil Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas X (Studi Kasus Pada SMA N 1 Bengkayang). Jurnal Sebatik, 23(2), pp. 489-497.

Rachmah, H., 2012. Strategi Pembelajaran Aktif Di Sekolah. Widya Pendidikan, 29(319), pp. 7-15.

Rangkuti, M. A. et al., 2019. Pendampingan guru-Guru Sekolah Dasar Mendesain Pembelajaran Tematik Berbasis Alat Peraga Di Kecamatan Medan Helvetia. Jurnal Publikasi Pendidikan, 9(3), pp. 232-239.

Rusman, 2016. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Sadewo, Y. D., 2018. Hambatan Dan Tantangan Program Studi Kewirausahaan Di Wilayah Perbatasan. MABIS, pp. 50-56.

Sadewo, Y. D. & Purnasari, P. D., 2019. Peningkatan Hasil Belajar dan Self Eficacy Siswa Melalui Model Pembelajaran Carousel Feedback dan Showdown Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan. Jurnal Sebatik, 23(2), pp. 522-527.

Suryana, D., 2013. Pengetahuan Tentang Strategi Pembelajaran, Sikap, dan Motivasi Guru. Jurnal Ilmu Pendidikan, pp. 196-201.


Article Metrics

Abstract view : 111 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Pebria Dheni Purnasari, Yosua Damas Sadewo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.