Peningkatkan Kompetensi Guru Kelas dalam Melaksanakan Pembelajaran Melalui Metode Peer Teaching pada Kelompok Kerja Guru (KKG) SD Negeri 44 Rampoang Palopo

Nursamda Nursamda(1*),

(1) Dinas Pendidikan Kota Palopo
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v10i2.13511

Abstract


Permasalahan penelitian tindakan sekolah ini adalah 1) Guru belum memahami langkah-langkah penerapan PPK melalui pembelajaran terintegrasi dalam kurikulum 2013; 2) Sebagian besar guru belum bisa melaksanakan pembelajaran sesuai skenario dalam RPP; 3) Sebagian besar guru masih menerapkan cara konfensional dalam mengajar. Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru melaksanakan pembelajaran sesuai skenario dalam RPP terintegrasi PPK dengan menggunakan metode peer teaching pada kelompok kerja guru (KKG) SD Negeri 44 Rampoang Palopo Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Subjek penelitian yaitu guru SD Negeri 44 Rampoang Kota Palopo.dengan jumlah gurusebanyak 8 (delapan) orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan pengamatan.Penelitian ini dilakukan 2 siklus yaitu siklus pertama dilakukan metode Bimbingan dan pelatihan metode feer teachingdapat meningkatkan kompetensi guru dalam proses mengajar . Guru menunjukkan keseriusan dalam memahami dan melakukan peer teaching dengan bimbingan dan pelatihan dari peneliti. Informasi ini peneliti peroleh dari hasil pengamatan pada saat bimbingan dan latihan metode feer teaching meningkatkan kompetensi  guru melaksanakan pembelajaran sesuai skenario dalam RPP terintegrasi PPK dalam pembelajaran. Kesimpulan akhir dari penelitian ini adalah dengan Bimbingan dan pelatihan metode feer teaching dapat meningkatkan kompetensi guru dalam proses mengajar.  Hal itu dapat dibuktikan dari hasil observasi/pengamatan yang memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan kompetensi  guru dari siklus ke siklus . yaitu terjadi peningkatan sebesar 16,86% untuk kompetensi guru dalam melakukan peer teaching melaksanakan pembelajaran sesuai skenario dalam RPP terintegrasi PPK dari siklus pertama  kesiklus kedua.


Keywords


bimbingan, pelatihan, guru, kompetensi, ppk, peer teaching

Full Text:

PDF

References


Daradjat,Zakiyah.1980. Kepribadian Guru. Jakarta: Bulan Bintang.

Dewi, Kurniawati Eni . 2009. Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Dan Sastra Indonesia Dengan Pendekatan Tematis. Tesis. Surakarta: Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret.

Depdiknas. 2003. UU RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

UU RI No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Depdiknas.

Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Permendiknas RI No. 41 Tahun 2007a tentang Standar Proses. Jakarta: Depdiknas.

Petunjuk Teknis Pembuatan Laporan Penelitian Tindakan Sekolah Sebagai Karya Tulis Ilmiah Dalam Kegiatan Pengembangan Profesi Pengawas Sekolah. Jakarta.

Imron, Ali. 2000. Pembinaan Guru DiIndonesia. Malang: Pustaka Jaya.

Kemendiknas. 2010. Penelitian Tindakan Sekolah. Jakarta.

Kemendikbud. 2015, Buku Kerja Pengawas, Direktorat Jenderal Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikasn dan Kebudayaan , Jakarta

Kemendikbud, 2017 ,Modul PKBPengawas Sekolah Pengawasan Manajerial, Direktorat Jenderal Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikasn dan Kebudayaan , Jakarta.

Kemendikbud. 2017. Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan Formal. Puasat Analisis dan Singkronisasi Kebijakan Sekjend Kemendikbud. Jakarta.

Kemendikbud. 2018. Permendikbud No. 20 Tahun 2018 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan Formal. Jakarta.

Nawawi, Hadari. 1985. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Pidarta, Made . 1992. Pemikiran Tentang Supervisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudjana, Nana. 2009. Standar Kompetensi Pengawas Dimensi dan Indikator. Jakarta : Binamitra Publishing.

Suharjono. 2003. Menyusun Usulan Penelitian. Jakarta: Makalah Disajikan pada Kegiatan Pelatihan Tehnis Tenaga Fungsional Pengawas.

Suparlan. 2005. Menjadi Guru Efektif. Yogyakarta: Hikayat Publishing.


Article Metrics

Abstract view : 155 times | PDF view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Nursamda Nursamda

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.