Karakteristik Tes Keterampilan Proses Sains: Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesukaran dan Daya Pembeda Soal

Sri Lestari Handayani(1*), Khairil Iba(2),

(1) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
(2) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v10i2.13051

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik instrumen tes keterampilan proses sains (KPS) yang telah dikembangkan meliputi validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda soal. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Data diperoleh dengan menggunakan tes. Data dianalisis dengan Rasch Model menggunakan Winstep Rasch. Hasil penelitian ini diperoleh 24 soal berkategori valid dan 1 soal berkategori tidak valid. Reliabilitas tes secara keseluruhan sebesar 0,66 berkategori cukup, sedangkan relibilitas butir soal sebesar 0,99 berketagori istimewa. Persebaran tingkat kesukaran butir tes diperoleh hasil terdapat 6 soal yang berkategori sulit, 6 soal berkategori sedang, dan 13 soal yang berkategori mudah. Tes kemampuan keterampilan proses sains tidak memiliki butir soal yang bias karena semua nilai probabilitas pada setiap butir soal lebih dari 0,05.


Keywords


Keterampilan proses sains; validitas, reliabilitas, tes pilihan ganda beralasan, Rasch Model

Full Text:

PDF

References


Abungu, H. E., Okere, M. I., & Wachanga, S. W. (2014). The effect of science process skills teaching approach on secondary school students’ achievement in chemistry in Nyando district, Kenya. Journal of Educational and Social Research, 4(6), 359.

Agoro, A. A., & Akinsola, M. K. (2013). Effectiveness Of Reflective-Reciprocal Teaching On Pre-Service Teachers’ Achievement And Science Process Skills In Integrated Science. International journal of education and research, 1(8), 1-20.

Ango, M. L. (2002). Mastery of Science Process Skills and Their Effective Use in the Teaching of Science: An Educology of Science Education in the Nigerian Context. International Journal of Educology, 16(1).

Anisa, T. M., Supardi, K. I., & Sedyawati, S. M. R. (2014). Keefektifan Pendekatan Keterampilan Proses Sains Berbantuan Lembar Kerja Siswa pada Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 8(2).

Aydoğdu, B., Erkol, M., & Erten, N. (2014, June). The investigation of science process skills of elementary school teachers in terms of some variables: Perspectives from Turkey. In Asia-Pacific Forum on Science Learning & Teaching, 15 (1).

Azizah, K. N., Ibrahim, M., & Widodo, W. (2018). Process Skill Assessment Instrument: Innovation to measure student’s learning result holistically. Journal of Physics: Conference Series, 947 (1).

Damayanti, D. R., Yamtinah, S., & Utomo, S. B. Pengembangan Instrumen Penilaian Two-Tier Multiple Choice Question Untuk Mengukur Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Tema Mata Sebagai Alat Optik. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 7(2), 252-261.

Fadillah, E. N. (2017). Pengembangan instrumen penilaian untuk mengukur keterampilan proses sains siswa SMA. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 1(2), 123-134.

Haniah, F., Annisa, M., & Kartini, K. (2018). Pengembangan Instrumen Tes Berbasis Keterampilan Proses Sains Pada Materi Benda dan Sifatnya Kelas V SDN 010 Tarakan. Widyagogik: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(1), 29-46.

Mutisya, S. M., Stephen R., dan Paul K. R. (2013). Conceptual Understanding Of Science Process Skills And Gender Stereotyping: A Critical Component For Inquiry Teaching Of Science In Kenya’s Primary Schools. Asian Journal of Social Sciences and Humanities, 2(3), 359 – 369.

Nurhayati, N., Saputri, D. F., & Assegaf, S. L. H. (2019). Pengembangan Instrumen Tes Keterampilan Proses Sains Pada Materi Fisika untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 17(2), 145-158.

Sudibyo, E., Naini, A. F., & Sabtiawan, W. B. (2020). The Effectiveness of Student Worksheet to Train Science Process Skills. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 4(2), 70-74.

Suryani, A., Siahaan, P., & Samsudin, A. (2015). Pengembangan instrumen tes untuk mengukur keterampilan proses sains siswa SMP pada materi gerak. Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains 2015 217-220.

Wati, W., & Novianti, N. (2016). Pengembangan Rubrik Asesmen Keterampilan Proses Sains pada Pembelajaran IPA SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 131-140.

Widayanti, E. Y. (2016). Pengembangan tes keterampilan proses sains dasar SD/MI. Journal of Islamic Elementary School, 1(2), 73-88.


Article Metrics

Abstract view : 2033 times | PDF view : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Sri Lestari Handayani, Khairil Iba

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by