Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Sosial untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV SDN 84 Kota Pare-pare

Amir Pada(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v10i1.12851

Abstract


Permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah apakah penerapan strategi inkuiri sosial dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil  belajar IPS pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri No. 84 Kota Parepare.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Sosial  dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan prosedur tindakan: PlanningAction, Observation dan  Reflektion. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Populasi  penelitian  adalah seluruh siswa Sekolah Dasar Negeri No.84 Kota Parepare, sedangkan  sampel yang digunakan adalah kelas IV yang berjumlah 23 Orang, yang terdiri dari 10 orang laki-laki dan 13 orang perempuan. Fokus penelitian adalah Penerapan  Strategi Pembelajaran Inkuiri  Sosial dan Hasil Belajar  belajar siswa pada mata pelajaran IPS.  Teknik pengumpulan  data dilakukan  melalui; observasi, tes dan dokumentasi. Selanjutnya tehknik analisis data dengan   menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar  siswa pada siklus I berada pada kategori cukup (C) sedangkan hasil belajar siswa pada siklus II mengalami perobahan atau peningkatan dengan kategori  baik (B). Kesimpulan  penelitian yaitu terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS melalui  penerapan strategi inkuiri sosial pada Sekolah Dasar Negeri No. 84 Kota Pare-pare.

Keywords


learning outcomes; social inquiry strategies and social studies

Full Text:

PDF

References


Ali, M. 2002. Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algesido

Arikunto, Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Rineka Cipta

Banks. James Amorose. 1990. Teaching Strategis for Studies Inquiri Veluing and Decission Making. Ohio Amborose Acegg Jr. Kent State Uniersity.

Barr.RD. BarthJ.L. and Shermis.S.S. 1977 Difiniting the Social Studies. Washinton DC Nasiona Council for the Social Studies.

Daryanto. 2011. Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta : Gava Media

De Porter, Bobbi, dan Hernacki, Milk. 2001. Quantum Learning. Diterjemahkan Oleh Alwiyah Adurrahman. Bandung: Kaifa PT Mizan Pustaka.

Dewey, John.C. 2013 Intersest end effort In Education. Boston Houghton, MC Millan.

Druckman, D. 2005. Doing Research: Methods of inquiry for conflict analisis. Oaks/California: Sage Publikation.

Dwyer Francis M., 1978 Strategis for Improving Visual Learning, State College, Pensylvania : Learning Services.

Emzir. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif: Analisis Data. Jakarta: Rajawali Pers.

Hasbullah. 2005. Dasar-dasar ilmu pengetahuan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Kunandar. 2008. Penelitian Tindakan kelas . Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) tingkat SD/MI. 2006 . Jakarta : Depdiknas.

Margono, S. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Muhaimin, et. al, (2009). Manajemen Pendidikan,Jakarta : Kencana,

Nasution, S. 2013. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Bumi Aksara.

Sardijoyo. dkk. 2009. Pendidikan IPS di SD. Jakarta : Universitas Terbuka

Somantri, M. N. 2001. Menggagas pembaharuan pendidikan IPS, Bdg. Remaja Rosdakarya,.

Sugiono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Alfabeta.

Sumaatmadja, Nursid ( 2008). Studi Social, Bandung, Alami.

Suradisastra, dkk. 1993. Pendidikan IPS II. Depdikbud Dikti.

Suryanto, Adi. 2009. Evaluasi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta : Bumi Aksara

Winaputra. 1992. Pembelajaran IPS SD. Jakarta : Depdiknas.

Winkel.W.S. 2007. Psikologi Pengajaran Yogyakarta. Media Abadi


Article Metrics

Abstract view : 45 times | PDF view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Amir Pada

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.