Hubungan Pendidikan dan Pelatihan Terhadap Efektivitas Kerja Tenaga Kependidikan di SMA Negeri 12 Makassar

Mislia Mislia(1*),

(1) Universitas Pejuang Republik Indonesia
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v10i1.12678

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahuai Apakah Terdapat Hubungan yang signifikan Pendidikan dan Pelatihan Terhadap Efektivitas Kerja Tenaga Kependidikan di SMA Negeri 12 Makassar. Tempat dan waktu dalam penelitian ini adalah SMA Negeri 12 Makassar, pada bulan September 2019 tahun Pelajaran 2019/2020. Populasi adalah Tenaga Kependidikan di SMA Negeri 12 Makassar yang telah mengikuti pendidikan dan pelatihan sebanyak 48 orang yang terdiri dari 15 laki-laki dan 33 perempuan. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi dengan teknik analisis data menggunakan uji product moment. Hasil penelitan menunjukkan bahwa Pelaksanaan pendidikan dan pelatihan mempunyai hubungan signifikan terhadap efektivitas kerja tenaga kependidikan di SMA Negeri 12 Makassar. Hasil perhitungan uji p-value pada taraf signifikansi α = 0.05 dan n = 12 dengan pengujian 2 pihak dk = n-2 = 48-2 = 46, diperoleh 0,02 < 0,05. Faktor yang mempengaruhi efektifitas kerja adalah (a) Waktu, (b) Tugas, (c) Produktivitas, (d) Motivasi, (e) Evaluasi Kerja, (f) Perlengkapan dan Fasilitas, (g) Lingkungan Kerja, dan (h) Kemampuan Intelektual, dan (i) Pengawasan.

Keywords


Pendidikan; Pelatihan; Efektivitas kerja

Full Text:

PDF

References


Anonim, B. P., & Referensi, B. (2000). Undang-Undang No. 43 Tahun 1999 Tentang Perubahan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1974 Tentang Pokok-Pokok Kepegawaian. Sinar Grafika, Jakarta

Meitaningrum, D. A. (2013). Efektivitas Pendidikan dan Pelatihan dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai (Studi pada Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Malang). Jurnal Administrasi Publik, 1(3), 192-199.

Siagian, S. P. (2001). Organisasi dan prilaku administrasi. Jakarta: Gunung Agung.

Soekidjo, N. (2009). Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta

Sommeng, A. (2019). Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Pengembangan Silabus Dan RPP Melalui Pola Pembinaan Profesional Dengan Pendekatan Kooperatif. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 3(3), 78-88.

Stan, K. (1993). Aspek Manusiawi dalam Organisasi.

Sulistiyani, A. T. Rosidah, 2003, Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Turere, V. N. (2013). Pengaruh pendidikan dan pelatihan terhadap peningkatan kinerja karyawan pada Balai Pelatihan Teknis Pertanian Kalasey. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(3).

Undang-Undang, R. I. (2003). Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 3. Jakarta: Sekretariat Negara RI.


Article Metrics

Abstract view : 427 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Mislia Mislia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by