Pelatihan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Teknologi Informatika dengan Bercirikan Joyful Learning

Siti Khoiruli Ummah(1), Rizal Dian Azmi(2*),

(1) Universitas Muhammadiyah Malang
(2) Universitas Muhammadiyah Malang
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v10i2.12607

Abstract


Perangkat pembelajaran merupakan salah satu materi pada Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang menuntut peserta PPG, dalam hal ini adalah guru, mengembangkan perangkat pembelajaran tersebut sesuai dengan Kurikulum 2013. Fasilitas yang lengkap di SMP Muhammadiyah Jombang memiliki peluang yang sangat baik untuk mengembangkan pembelajarannya, akan tetapi sebagian besar guru masih memilih untuk mengunakan media pembelajaran cetak daripada menggunakan media berbasis teknologi informasi. Tujuan diadakannya pelatihan ini yaitu guru dapat mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis Teknologi Informatika dengan bercirikan Joyful Learning. Program pelatihan ini dilakukan dengan mengadakan workshop terlebih dahulu dengan pemaparan materi perangkat pembelajaran yang sesuai kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan pendampingan. Pendampingan dilaksanakan secara online dengan bantuan aplikasi Edmodo. Hasil pelaksanaan workshop yaitu guru telah menyepakati template RPP sehingga terdapat keseragaman template RPP untuk setiap guru di SMP Muhammadiyah 2 Mojoagung. Selain itu, guru mempunyai gambaran dan rencana penyusunan pembelajaran yang menyenangkan (Joyful Learning) dengan memanfaatkan website “Kahoot!”. Workshop telah dilaksanakan dengan hasil yang memuaskan ditinjau dari testimoni dari peserta workshop dan kepala sekolah. Peserta workshop sangat antusias dengan kuis online yang diakses melalui handphone. Program pendampingan telah dilaksanakan selama satu minggu dengan hasil  RPP dari setiap guru.

Keywords


Perangkat pembelajaran, Joyfull Learning, teknologi.

Full Text:

PDF

References


Chopra, & Chabra, S. (2013). Digantar in India: a Case Study for Joyful Learning. Journal of Unschooling & Alternative Learning, 7(13), 28–44.

Lin, C. P., & Md.Yunus, M. (2012). ESL Teacher and ICT:Teachers’ Perception. Advances in Language and Literary Studies, 3(1), 119–128. https://doi.org/10.7575/aiac.alls.v.3n.1p.119

Matthew, D., Joro, I. D., & Manasseh, H. (2015). The Role of Information Communication Technology in Nigeria Educational System, 2(2), 64–68.

Muchamad, M. K., Mawarti, A. D., Santoso, H., & Kom, M. (2015). Australian Journal of Basic and Applied Sciences Analisis Development and Implementation Media Education of Matematic Achievement of Student Learning ( Object : Student 6th Grade in Semarang ). Australian Journal of Basic and Applied Sciences, 9(9), 37–42.

Proity, S. H. (2015). Effect of joyful teaching on grade IV students” academic performance in science. International Journal of Science and Research (IJSR) ISSN (Online Index Copernicus Value Impact Factor, 4(10), 1232–1240.

Thakur, V. (2017). ICT Transforming Teaching & Learning System, (July 2016). https://doi.org/10.18535/ijsrm/v4i7.02

Yusra, D., & Saragih, S. (2016). The Profile of Communication Mathematics and Students’ Motivation by Joyful Learning-based Learning Context Malay Culture. British Journal of Education, Society & Behavioural Science, 15(4), 1–16. https://doi.org/10.9734/BJESBS/2016/25521


Article Metrics

Abstract view : 829 times | PDF view : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Siti Khoiruli Ummah, Rizal Dian Azmi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by