Upaya Guru dalam Menangani School Bullying Siswa di Sekolah Dasar

Nurhaedah Nurhaedah(1*), Andi Dewi Riang Tati(2), Irwansyah Irwansyah(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v10i1.12535

Abstract


Penelitian ini membahas tentang bagaimanakah upaya guru kelas VI dalam menangani school bullying di SD Negeri Bung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya guru wali kelas VI dalam menangani school bullying di SD Negeri Bung. Peneltian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan di kelas VI SD Negeri Bung dengan sumber data ialah wali kelas VI, korban bullying, pelaku bullying, teman kelas korban dan pelaku bullying, wali korban bullying dan kepala sekolah SD Negeri Bung. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, display data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Pengujian keabsahan data dilakuakan dengan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan guru kelas VI dalam menangani bullying fisik seperti di kelas VI SD Negeri Bung ialah menasehati dan menjauhkan bangku korban bullying dari pelaku bullying. Upaya ini tidak berjalan dengan efektif, sehingga bullying fisik masih terjadi. Sedangkan upaya yang dilakukan guru wali kelas VI dalam menangani bullying nonfisik di kelas VI SD Negeri Bung ialah mendiskusikan masalah bullying dengan guru, kepala sekolah, dan orangtua murid. Upaya ini tidak menunjukkan perubahan terhadap bullying nonfisik yang dialami korban bullying. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa upaya guru kelas VI dalam menangani school bullying belum berjalan dengan baik.

Keywords


school bullying; guru; sekolah; orang tuan

Full Text:

PDF

References


Afroz Jan, Husain Shafqat. 2015. Bullying in Elementry Schools: Its Causes and Effects on Students. Pakistan. Journal of Education and Practice. Vol.6 (19) 43-56

Detiknews, 4 Oktober 2017, KPAI Terima Aduan 26 Ribu Kasus Bully Selama 2011-2017. (diakses 6 Maret 2018)

Detiknews, 1 Agustus 2017, Siswi Bunuh Diri karena Dibully, Gubernur Riau: Jangan Terulang. (diakses 6 Maret 2018)

Elshinta.com, 31 Juli 2017, Siswa SD di Gebog, Kudus jadi Korban Bullying. (diakses 6 Maret 2018)

Harjianti Fajarina. 2017. Peran Guru Kelas dalam Menangani Perilaku Bullying pada Kelas IA di SDIT Luqman Al Hakim Internasional. Skripsi. Yogyakarta. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Yogyakarta

Kusuma, Monicka Putri. 2014. Perilaku School Bullying pada Siswa Sekolah Dasar Delegan 2, Dinginan, Sumberharjo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta. Pendidikan Pra Sekolah dan Sekolah Dasar Universitas Negeri Yogyakarta.

Latip, Asep Ediana. 2013. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Bullying pada Peserta Didik Anak Usia SD/MI. Skripsi. Jakarta. Pusat Penelitian dan Penerbitan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UIN Syarif Hidayatullah.

Liputan6.com, 9 November 2015, Mensos: Bunuh Diri Anak Indonesia 40 persen karena Bullying. (diakses 6 Maret 2018)

NEA Human and Civil Rights Center for Advocasy. 2012. Bullying Prevention in Public Schools. Jurnal NEA Education Policy and Practice Center for Great Public Schools.

Oideachais, An Roinn, Scileanna Agus. Anti-Bullying Procedures for Primary and Post-Primary Schools. 2013. Irlandia. Department of Education and Skills. (Online), https://www.education.ie/en/ (diakses 4 April 2017)

Papler Debra & Craig Wendy. 2014. Bullying Prevention and Intervention in The School Environment, Factsheets and Tools. Canada: (Online) PrevNet. https://www.prevnet.ca. (diakses 3 April 2017)

Prasetyo, Eko, Ahmad Baliyo. 2011. Bullying di Sekolah dan Dampaknya bagi Masa Depan Anak. Yogyakarta. Jurnal El – Tarbawi Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 4 (1) 19-26

Pratisto Toto, dkk. Perspektif Pendidikan SD. 2014. Tangerang Selatan: Penerbit Universitas Terbuka

Republika, 12 Oktober 2014. KPAI Minta Polisi Usut Video Bullying Beredar (diakses 4 Maret 2017)

Rigby Ken. 2003. Bullying among Young Children, A guide for Teachers and Carers.Adelaide, Australia. Jurnal Australian Government Attorney-General’s Department

Storey Kim & Slaby Ron. 2013. Eyes on Bullying in Early Childhood. USA. Jurnal Education Development Center.

Syatra, Nuni Yusvavera. 2013. Desain Relasi Efektif Guru dan Murid. Jogjakarta: Bukubiru.

Tribunstyle.com, 18 September 2015. Korban Meninggal Akibat Bullying (diakses 6 Maret 2018)

Volpe, Julia Eichhorn, dkk. 2013. Bullying at School: Recomendations for Teachers and Parents.(Online) https://www.education.udel.edu (diakses 3 April 2017)

Wardani, dkk. Perspektif Pendidikan SD. 2014. Tangerang Selatan: Penerbit Universitas Terbuka

Widyawanti, Costrie Ganes. 2009. Fenomena Bullying di Sekolah Dasar Negeri di Semarang. Bandung. Jurnal Psikologi Undip. Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro Semarang.

Wiyani, Novan Ardy. 2012. Save Our Children from School Bullying. Jogjakarta: Ar-ruzz Media.


Article Metrics

Abstract view : 1035 times | PDF view : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Nurhaedah Nurhaedah, Andi Dewi Riang Tati, Irwansyah Irwansyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by