PKM Memanfaatkan Bahan Sederhana Dan Sampah Sebagai Alat Peraga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA

Sandy Vikki Ariyanto(1*), Nirwana Haidar Hari(2), Syaiful Syaiful(3), Fredy Yunanto(4),

(1) Universitas Madura
(2) Universitas Madura
(3) Universitas Madura
(4) Universitas Madura
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v10i3.12524

Abstract


Kendala yang dihadapi peserta didik SDN Pakong 2 (Mitra 1) dan SDN Pakong 5 (Mitra 2) adalah kurangnya fasilitas media pembelajaran IPA berupa alat peraga serta kesulitan peserta didik dalam memahami dan memvisualisasikan materi pembelajaran yang didapat dari guru khususnya dalam kegiatan experimen IPA. berdasarkan permasalahan tersebut, maka tim PKM memberikan pemanfaatan bahan sederhana dan daur ulang sampah menjadi alat peraga IPA yang inovatif, kreatif, menyenangkan dan berwawasan lingkungan serta untuk meningkatkan kopetensi peserta didik agar dapat memahami materi pelajaran IPA lebih cepat, lebih baik dan ingatan jangka panjang yang baik serta memiliki daya nalar yang kuat. berdasarkan kegiatan PKM yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan mitra 1 dan mitra 2 sangat antusias dikarenakan kegiatan ini bisa menjadi patokan untuk membuat alat peraga IPA dengan menggunakan bahan sedehana dan daur ulang sampah, serta pola pikir para guru dan siswa tentang pelajaran IPA yang semula jenuh bisa berubah menjadi menyenangkan, bisa memahami dengan cepat dan tepat konsep setiap experimennya. Keberhasilan penggunaan alat peraga IPA ditunjukkan dengan meningkatnya nilai rerata siswa yang semula dibawah 70 menjadi diatas 70 untuk Mitra 1, Mitra 2 semula dibawah 65 menjadi diatas 65.

Keywords


Alat Peraga Fisika; Bahan Sederhana; Sampah; Siswa SD

Full Text:

PDF

References


Habibah, U., Susilowati, E., Suwarni, S., & Susilowati. (2010a). Ilmu Pengetahuan Alam kelas 5. In buku sekolah elektronik (p. 218).

Habibah, U., Susilowati, E., Suwarni, S., & Susilowati. (2010b). Ilmu Pengetahuan Alam kelas 6. In buku sekolah elektronik (p. 167).

M. Taufiq, N. R. Dewi, A. W. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Ipa Terpadu Berkarakter Peduli Lingkungan Tema “Konservasi” Berpendekatan Science-Edutainment. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(2), 140–145.

Maryta Perdana Putri, W. K. (2016). Pengembangan Alat Peraga Pemanasan Globalberbahan Bekas Pakai Untuk Menanamkankarakter Peduli Lingkungan. Universitas PGRI Yogyakarta, 1–13.

Saputro, B. (2014). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Ipa Berbasis Pendidikan Agama Islam Melalui Alat Peraga Ipa Kontekstual Di Mi Kecamatan Ngablak, Magelang. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Salatiga, 8(1), 203–224.

Susilowati, E., Sampul, D., Sudiyanto, A., & Wahyuni, S. (2010). Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 4. In buku sekolah elektronik (p. 207).

Ujeng, Sarjan N. Husain, dan R. I. P. (2012). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Alat Peraga IPA Kelas IV SDN Inpres 1 Siney. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(6), 186–203.

Widiyatmoko, A. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ipa Terpadu Berkarakter Menggunakan Pendekatan Humanistik Berbantu Alat Peraga Murah. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1), 76–82.


Article Metrics

Abstract view : 211 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 sandy vikki ariyanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.