Peran Kepala Sekolah Sebagai Leader dalam Meningkatkan Disiplin Kinerja Guru di SDN 02 Josenan Kota Madiun

Juarman Juarman(1*), Nanda Nurrosyidah Rahmawati(2), Dwi Lestari(3),

(1) Universitas Muhammadiyah Ponorogo
(2) Pascasarjana Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Ponorogo
(3) Pascasarjana Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Ponorogo
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v10i2.11649

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran kepala sekolah sebagai leader dalam meningkatkan disiplin kinerja guru di SDN 02 Josenan Kota Madiun. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif model studi kasus dengan teknik pengumpulan data secara wawancara langsung, Analisis data dilakukan dengan mereduksi data, display data, dan mengambil kesimpulan. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa peran kepala sekolah sebagai leader dalam meningkatkan disiplin kinerja guru di SDN 02 Josenan Kota Madiun mengacu pada perannya untuk mewujudkan visi, misi, dan tujuan sekolah, mengembangkan inovasi, membangun motivasi kerja, melakukan komunikasi, menangani konflik, maupun mengambil keputusan.


Keywords


Kepala Sekolah, Leader, Disiplin Kinerja Guru

Full Text:

PDF

References


Asnawir. (2006). Manajemen Pendidikan. Padang: IAIN Imam Bonjol Press.

Budiono. (2014). Pengaruh Komunikasi Organisasi, Kecerdasan Emosi dan Pengambilan Keputusan terhadap Implementasi Peran Kepemimpinan Kepala SD. Jurnal Akuntabilitas Manajemen 2(2), 147-158.

Burhanuddin. (1994). Analisis Administrasi Manajemen dan Kepemimpinan. Jakarta: Bumi Aksara.

Griffith, D. A. (2002). The Role of Communication Competencies in Internatioanl Bussiness Relationship Development. Journal of World Business 37(4), 256-265.

Hanafiah, M. A. (2018). Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin dan Supervisor. Jurnal Al-Hikmah 15(1), 68-92.

Hasibuan, M. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Hidayati. (1999). Kepemimpinan Perempuan Kepala Sekolah dalam Konteks Pengajaran. Malang: PPS-UNM.

Konntz. (1990). Manajemen, Terjemahan Hutahurug. G. Jakarta: Erlangga.

Kundratova, I. (2009). Motivating Sosial Workers: The Significant Faktors Affecting Practical Sosial Work. Institute of Educology and Social Work, Fakulty of Arts, University of Presov.

Mardiatmadja, B. S. (1998). Disiplin. Jakarta: Kompas.

Marzuki. (2015). Pengambilan Keputusan Sekolah Melalui Manajemen Strategik Pada SMP. Jurnal Magister Administrasi Pendidikan USK 3(3), 58-64.

Owen, R. G. (1987). Organizational Behavior in Education. New Jersey: Prention-Hall, Inc, Englawood Cliffs.

Purwanto, N. (2002). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT. Rosdakarya.

Robbins, Stephen, & Judge, T. A. (2008). Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Suhardiman, B. (2012). Studi Pengembangan Kepala Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Usman, N. (2007). Manajemen Peningkatan Kinerja Guru. Bandung: Mutiara Ilmu.

Wahjosumidjo. (1998). Kepemimpinan dan Motivasi. Jakarta: Ghalilea Indonesia.

Winardi. (1994). Manajemen Konflik: Konflik Perubahan dan Pengembangan. Bandung: Bandar Maju.


Article Metrics

Abstract view : 1031 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Juarman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.