Workhsop Peningkatan Profesionalisme Guru SD Melalui Kompetensi Membuat Media Pembelajaran IPS

Jumardi Jumardi(1*), Andi Andi(2), Rizki Dwi Siswanto(3),

(1) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
(2) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
(3) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v10i2.11372

Abstract


Pembelajaran akan lebih bermakna jika materi yang disampaikan oleh guru mampu membawa kesenangan tersendiri bagi peserta didik. Kesenangan dalam menerima materi bagi siswa sangat beragam, salah satunya adalah penggunaan permainan monopoli. Pelatihan pembuatan media pembelajaran monopoli ini akan membantu guru dalam membuat siswa tertarik akan materi pembelajaran yang diberikan. Metode pelaksanaan adalah dengan metode pelatihan. Guru-guru dibimbing untuk membuat media pembelajaran monopoli. Pelaksanaan pelatihan di fokuskan pada guru SD Negeri Pasar Baru 5 Pagi. Hasil yang dicapai, guru-guru mampu menghadirkan media pembelajaran menarik dengan menggunakan media pembelajaran monopoli dan media pembelajaran dapat disesuaikan dengan mata pelajaran yang ada dilingkungan sekolah.

Keywords


Profesionalisme Guru, Media Pembelajaran IPS, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Anwar Prabu Mangkunegara. (2000), Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Ali Muhson. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2) 1 – 10

Elfrianto. (2016). Manajemen Pelatihan Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan. Jurnal EduTech, 2(2)

Handayani, Sri. (2014). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru IPS Sekolah Dasar Melalui Penerapan Keterampilan Mengajar. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar 2(1)

Karmizan. (2018). Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pembelajaran Dengan Lesson Study di Kelas SD Negeri 001 Koto Peraku Kecamatan Cerenti. Jurnal PAJAR 2(4)

Khairunnisa, Syifa, Ahmad Hakam dan Amaliyah (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Indonesian Journal of Islamic Education, Vol 5 No.1

Muhson, A. (2014). Meningkatkan Profesionalisme Guru : Sebuah Harapan. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 2(1)

Nuryati Supratpto, Anis. (2013). Permainan Monopoli sebagai media untuk meningkatkan Minat Belajar Tata Boga di SMA. Jurnal Ilmiah Guru “COPE” No. 01/Tahun XVII/Mei/2013

Siswono, Eko dan Nur Djulaiqha. (2017). Peningkatan Kompetensi Guru IPS (Studi Kasus di MGMP IPS Kecamatan Cengkarang Jakarta Barat). Jurnal Edukasi IPS, 1(1).

Tejo Nurseto. (2011). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, Volume 8 Nomor 1


Article Metrics

Abstract view : 409 times | PDF view : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Jumardi Jumardi, Andi Andi, Rizki Dwi Siswanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by