Rancang Bangun Alat Pemanggang Dange

A.Fadly Nur Ikhwan(1*), Andi Sukainah(2), Jamaluddin Jamaluddin(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jptp.v5i2.9673

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme rancang bangun dengan menggunakan listrik. Metode penelitian meliputi desain perancangan, gambar desain produk, alat dan bahan yang digunakan, prosedur perancangan, uji coba, dan teknik analisis data. Prinsip kerja alat pemanggang dange adalah alat ini dirancang dengan menggunakan kawat nikelin untuk mengubah energi listrik menjadi energi panas. Tahap pertama dilakukan pembuatan bagian rangka yang berfungsi sebagai penopang dudukan elemen pemanas dan pada komponen lain. Kemudian, perakitan instalasi listrik yang bertujuan untuk menghubungkan listrik dari sumber listrik ke elemen pemanas. Panci cetakan dan wadah penampung dange kemudian di pasang pada dudukan. Tahap akhir yaitu proses pemasangan dinding alat dan pengecatan. kemudian dilakukan pengujian. Pemanggangan dange menggunakan tungku dengan waktu rata-rata yaitu 14 menit 33 detik sedangkan hasil pengujian menggunakan alat pemanggang dange dengan waktu rata-rata  yaitu 13 menit 20 detik. Dari segi efisiensi biaya alat pemanggang dange listrik membutuhkan biaya Rp 20.135 dalam sekali operasi sedangkan biaya dengan cara tradisional membutuhkan biaya Rp 20.397.


Keywords


Alat Pemanggang Dange, Dange

Full Text:

PDF

References


Arhamsyah, M. Husain Syam, dan Jamaluddin P. 2018. Rancang Bangun Elemen Pemanas Listrik Dengan Memanfaatkan Udara Panas dari Elemen Pemanas Listrik. Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian, Vol 4 : S196- S208 UNM, Makassar.

Asrianto, Jamaluddin, P., dan Kadirman. 2018. Modifikasi Mesin Pengering Biji-Bijian dengan Bahan Bakar Tempurung Kelapa. Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian. Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian, Vol 4 : S222- S231 UNM, Makassar.

Johan. 2016 , Analisis perpindahan panas radiasi pada inkubator penetas telur ayam berkapasitas 30 butir. Universitas Muhammadiyah Jember.

Linda 2013. Analisis efisiensi Obyek Wisata Di Kabupaten Wonosobo. Program Sarjana Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro

Muhammad Amirul Mu’minin, Muhammad Wiharto Caronge dan Kadirman. 2018. Modifikasi tipe dorong untuk memaksimalkan pembudidayaan wortel (Daucus Carrota). Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian, Vol 4 : S21- S26 UNM, Makassar.

Suciati, Dewi. 2014. Rancang Bangun Prototipe Dan Sistem Kendali Jarak Jauh Alat Pemanggang Berbasis Mikrokontroler Atmega 853.. Palembang. Jurusan Teknik Komputer. Politeknik Negeri Sriwijaya.


Article Metrics

Abstract view : 370 times | PDF view : 80 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian



Indexed and Supported by :


This journal is published under the terms of Creative Commons Attribution 4.0 International License. 

Publisher Address:

Department of Agricultural Technology Education, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Makassar

Kampus UNM Parang Tambung, Jalan Daeng Tata Raya, Makassar, South Sulawesi, Indonesia 90224
Email: redaksijurnalptp@gmail.com
Website: http://ojs.unm.ac.id/ptp