Modifikasi Alat Pencetak Dangke Dalam Meningkatkan Kualitas dan Produktivitas Produk Dangke

Muh Warid Yasir(1*), Mohammad wijaya(2), Jamaluddin Jamaluddin(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jptp.v5i0.9636

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memodifikasi cetakan yang dapat diterapkan pada pembuatan dangke dan mengetahui efisiensi alat hasil rancangan. Bentuk penelitian ini adalah modifikasi alat. Data penelitian diperoleh dari hasil pengujian dengan melakukan uji coba perbandingan antara pencetakan manual dan menggunakan alat yang telah dimodifikasi. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif dengan statistik deskriftif. Prinsip kerja dari alat ini adalah dengan sistem pengepresan, dalam satu kali pencetakan dihasilkan dua buah dangke. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa dengan menggunakan alat proses pencetakan dangke relatif lebih cepat dan mudah dibandingkan dengan cetakan manual.

Keywords


Modifikasi; Pencetak; Dangke

Full Text:

PDF

References


Arhamsyah, H. Syam, dan Jamaluddin. 2018. Modifikasi mesin penggering dengan memanfaatkan udara panas dari elemen pemanas listrik. Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian. Vol. 4 : S196-S208.

Asrianto, Jamaluddin, dan Kadirman. 2018. Modifikasi Mesin Pengering Biji-Bijian dengan Bahan Bakar Tempurung Kelapa. Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian. Vol. 4 : S222-S231.

Fitrah, Isyana. 2012. Studi Tingkat Higiene dan Cemaran Bakteri Salmonella Sp pada Pembuatan Dangke Susu Sapi di Kecamatan Cendana Kabupaten Enrekang. Skripsi. Makassar: Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin

Japan International Cooperation Agency (JICA), 2009. Laporan Hasil Kegiatan: Identifikasi dan Kajian Komoditi Utama Propinsi Sulawesi Selatan: Komoditas Susu. JICA dan UNHAS. Makassar.

Oka, B., M. Wijaya, dan Kadirman. 2017. Karakteristik Kimia Susu Sapi Perah di Kabupaten Sinjai. Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian. Vol. 3 : 195-202.

Rahman, S. 2013. Studi Pengembangan Dangke sebagai Pangan Lokal Unggulan dari Susu di Kabupaten Enrekang. Jurnal Aplikasi Teknologi Pangan 3 (2) Indonesian Food Technologists.


Article Metrics

Abstract view : 693 times | PDF view : 282 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian



Publisher Address :

Department of Agricultural Technology Education, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Makassar

Kampus UNM Parang Tambung, Jalan Daeng Tata Raya, Makassar, South Sulawesi, Indonesia 90224
Email: redaksijurnalptp@gmail.com
Website: http://ojs.unm.ac.id/ptp


INDEXED BY :

This journal is published under the terms of  Creative Commons Attribution 4.0 International License.