Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Stad (Student Team Achievement Divisions) Pada Mata Pelajaran Vegetatif Di Kelas X ATPH SMK Negeri 5 Jeneponto

Nur Amin Mangka(1*), Andi Sukainah(2), Nurmila Nurmila(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jptp.v5i2.9629

Abstract


Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas ATPH X vegetatif SMK Negeri 5 Jeneponto melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Subjek penelitian ini terdiri dari 23 siswa kelas X ATPH, menggunakan teknik pengumpulan data observasi dan tes pada akhir setiap siklus sesuai dengan materi yang diajarkan. Prosedur penelitian meliputi tahapan (a) perencanaan, (b) implementasi, (c) observasi, dan (d) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif STAD (Student team achievement divisons) dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar. Hal ini dapat dilihat pada kegiatan Siklus I dan Siklus II dan hasil belajar siswa meningkat.


Keywords


Kata kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Kegiatan Belajar, Hasil Belajar, STAD.

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Aprilia. A. T., M. Yahya., M. W. Caronge. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Untuk Meningktakan Hasil Belajar Membiakkan Tanamanan Secara Vegetatif Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Takalar. Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian, Vol. 4 (2018) : 73 - 81

Ariana. I., M. W. Caronge., Lahming. 2018. Peningkatan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Alat Dan Mesin Pertanian Melalui Model Pembelajaran Terpadu Tipe Connected Pada Siswa Kelas XII ATPH SMK Negeri 2 Bulukumba. Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian, Vol. 4 (2018) : 1 - 12

Departemen Pendidikan Nasional 2006. Undang-Undang No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung : Fokusmedia

Evans Dalam Djojonegro. 1999. Pendidikan Kejuruan. Jakarta

Saraswati., M. Rais., Lahming. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian (TPHP) Kelas X SMK Negeri 3 Takalar. Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian Volume 4 Oktober Suplemen (2018) : S184 – S195


Article Metrics

Abstract view : 199 times | PDF view : 54 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian



Publisher Address :

Department of Agricultural Technology Education, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Makassar

Kampus UNM Parang Tambung, Jalan Daeng Tata Raya, Makassar, South Sulawesi, Indonesia 90224
Email: redaksijurnalptp@gmail.com
Website: http://ojs.unm.ac.id/ptp


INDEXED BY :

This journal is published under the terms of  Creative Commons Attribution 4.0 International License.