Analisis Laju Distribusi Cemaran Kadmium (Cd) di Perairan Sungai Jeneberang Kabupaten Gowa

Masriadi Masriadi(1*), Patang Patang(2), Ernawati Ernawati(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jptp.v5i2.9624

Abstract


Limbah umumnya banyak mengandung logam berat seperti kadmium (Cd) yang  dapat mencemari lingkungan terutama di wilayah perairan. Tujuan dari penelitian ini untuk mendapatkan data dan informasi cemaran logam berat kadmium (Cd) di perairan sungai Jeneberang kabupaten Gowa dan pengaruh kadmium terhadap kualitas air dengan parameter suhu, pH dan oksigen terlarut (DO). Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriktif dengan menggunakan metode survei, penelitian ini dilakukan dengan mengambil sampel air, ikan dan tanah pada lima lokasi stasiun berbeda yakni, stasiun 1 di daerah hulu sungai, stasiun 2 di sekitar bendungan Bili-bili, stasiun 3 di sekitar Jembatan Kembar Kabupaten Gowa, stasiun 4 di daerah hilir sungai dan stasiun 5 di sekitar pantai Losari Makassar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pencemaran logam berat kadmium (Cd) pada air, tanah dan ikan hasil tangkapan di perairan sungai Jeneberang kabupaten Gowa masih dibawah dari nilai ambang batas yang menandakan bahwa perairan sungai Jeneberang masih belum tercemar kadmium (Cd).[Q1]  Parameter kualitas air tersebut yang meliputi suhu, pH dan oksigen terlarut (DO) masih pada batas yang sesuai untuk kehidupan organisme perairan.

 [Q1]Data yang menjelaskan hasil penelitian tidak ada pada abstrak sehingga pernyataan soal hasilnya jd tidak jelas atau masi membingungkan pembaca.


Keywords


Kata Kunci: Distribusi, kadmium, perairan, sungai.

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Al Husainy, Irfan., Darma B. & Rusdi L. 2014 Analisis Kandungan Logam Berat Timbal (Pb) di Air dan Sedimen Pada Aliran Sungai Percut Provinsi Sumatera Utara. Jurnal Aquacoastmarine 5(4): 23-32.

Amansyah, M. & Alwiyah N. S. 2014. Analisis Kandungan Logam Berat pada Kerang Ana Dara dari Daerah Hilir Sungai Jeneberang. Al-Sihah : Public Health Science Journal 6 (2): 85-98.

Anggriana, Dwi. 2011. Analisis Cemaran Logam Berat Timbal (Pb) Dan Kadmium (Cd) Pada Air Sumur di Kawasan PT. Kima dengan Metode Spektrofotometri Serapan Atom (SSA). Skripsi. FIK. Universitas Islam Negeri Alauddin. Makassar.

Ayyub, F. R., A. Rauf, & A. Asni. 2018. Strategi Pengelolaan Ekosistem Terumbu Karang di Wilayah Pesisir Kabupaten Luwu Timur. Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian. Vol. 4 Maret Suplemen :S56-S65.

Azhar, H., Ita W. & Jusup S. 2012. Studi kandungan Logam berat Pb, Cu, Cd, Cr pada Kerang Simping (Amusium pleuronectes), Air dan Sedimen di Perairan Wedung Demak serta Analisisis Maximum Tolerable Intake pada Manusia. Journal Of Marine Research 1 (2): 35-44.

Darmono. 2001. Lingkungan Hidup dan Pencemaran. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.

Effendi, H. 2003. Telaah Kualitas Air Bagi Pengelolaan Sumber Daya dan Lingkungan Perairan. Yogyakarta: Kanisius.

Emilia, I., Suheriyanto & Zazili Hanafiah. 2013. Distribusi Logam Kadmium dalam Air dan Sedimen di Sungai Musi Kota Palembang. Jurnal Penelitian Sains 16 (2): 59-64.

Eshmat, M. E., Gunanti M. & Boedi S. R. 2014. Analisis Kandungan Logam Berat Timbal (Pb) dan Cadmium (Cd) pada Kerang Hijau (Perna Viridis L.) di Perairan Ngemboh Kabupaten Gresik Jawa Timur. Jurnal Ilmiah Perikanan dan Kelautan 6 (1): 101-108.

Happy, A. R., Masyamsir & Yayat D. 2012. Distribusi Kandungan Logam Berat Pb dan Cd Pada Kolom Air Dan Sedimen Daerah Aliran Sungai Citarum Hulu. Jurnal Perikanan dan Kelautan 3 (3): 175-182.

Istarani, Festri & Ellina S. P. 2014. Studi Dampak Arsen (As) dan Kadmium (Cd) terhadap Penurunan Kualitas Lingkungan. Jurnal Teknik Pomits 3 (1): 53-58.

Mahyudin, Soemarno & Tri Budi Prayogo. 2015. Analisis Kualitas Air dan Strategi Pengendalian Pencemaran Air Sungai Metro di Kota Kepanjen Kabupaten Malang. J-PAL 6 (2).

Ministry of State for Population and Enviromental of Indonesia, and Dalhousie, University Canada. 1992. Environmental Management in Indonesia. Report of Soil Quality Standars for Indonesia.

Monoarfa, Winarni. 2002. Dampak Pembangunan Bagi Kualitas Air Di Kawasan Pesisir Pantai Losari, Makassar. Sci & Tech 3 (3): 37-44.

Murtini, J. T. & Novalia R. 2007. Kandungan Logam Berat pada Ikan, Air dan Sedimen di Waduk Saguling Jawa Barat. Jurnal Pascapanen dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan 2 (2): 153-159.

Nur, A. I., H. Syam, & Patang. 2016. Pengaruh Kualitas Air Terhadap Produksi Rumput Laut (Kappaphycus alvarezii). Jurnal Pendidikan teknologi Pertanian. Vol. 2 No 1: 27-40.

Nurdin, H. P. 2009. Kajian Akumulasi Logam Berat timbal (Pb) dan Kadmium (Cd) Pada Spongelaut Xestospongia Testudiaria Sebagai Bioakumulator di Perairan Pulau Kayangan dan Pulau Samalona. Skripsi. Program Studi Ilmu Kelautan Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Universitas Hasanuddin. Makassar.

Nurfitriani, W. Caronge, & Ernawati, S. Kaseng. 2017. Keanekaragaman Gastropoda di Kawasan Hutan Mangrove Alami di Daerah Pantai Kuri Desa Nisombalia Kecamatan Marusu Kabupaten Maros. Bionature. Vol. 18 No. 1: 71-79.

Patang. 2009. Komposisi Spesies, Pola Sebaran dan Kerapatan Tegakan Vegetasi Padang Lamun (Seagrass Beds.) di Pesisir Pantai Kabupaten Pangkep. Politeknik Pertanian Negeri Pangkep.

Patang. 2014. Use Of Antibiotic And Probiotic Controlling Water Quality, Growth And Suvival Of Shrimp Larvae Penaeus Monodon Fabricius. Asian Jr. of Microbiol. Biotech. Env. Sc. Vol. 16, No. (2) : 241-245.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 82 Tahun 2001. Tentang Pengelolaan Kualitas Air dan Pengendalian Pencemaran Air.

Rachmaningrum, M., Eka W., & Kancitra P. 2015. Konsentrasi Logam Berat Kadmium (Cd) pada Perairan Sungai Citarum Hulu Segmen Dayeuhkolot-Nanjung. Jurnal Rekayasa Lingkungan 1(3) : 1-11.

Setiawan, H. 2013. Akumulasi dan Distribusi Logam Berat pada Vegetasi Mangrove di Perairan Pesisir Sulawesi Selatan. Jurnal Ilmu Kehutanan 7 (1).

Setiawan, Heru. 2014. Pencemaran Logam Berat Di Perairan Pesisir Kota Makassar Dan Upaya Penanggulangannya. Info Teknis EBONI 11 (1): 1–13.

SNI 7387:2009 Batas Maksimum Cemaran Logam Berat dalam Pangan. Badan Standarisasi Nasional.

Sudarwin. 2008. Analisis Spasial Pencemaran Logam Berat (Pb dan Cd) pada Sedimen Aliran Sungai dari Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Jatibarang Semarang. Tesis. Semarang: Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

Sundari, D., Miko H. & Suharjo. 2016. Kandungan Logam Berat dalam Bahan Pangan di Kawasan Industri Kilang Minyak, Dumai. Buletin Penelitian Sistem Kesehatan 19 (1): 55–61.

Syamsuddin, Rajuddin. 2014. Pengelolaan Kualitas Air: Teori dan Aplikasi di Sektor Pertanian. Makassar: Pjar Press.

Syarifuddin, A. R. Maddusa, S. S. & Akili, H. R. 2017. Analisis Kandungan Logam Berat pada Air, Ikan, Kerang dan Sedimen di Aliran Sungai Tondano Tahun 2017. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi. Manado.

Taufieq, N. A. S. 2009. Analisis Tingkat Kekeruhan Air DAS Jeneberang Sebagai Sumber Air Baku Pam Somba Opu. Jurnal Chemica 10 (1): 44-49.

Teheni, M. T. & Syamsidar M. S. 2016. Penentuan Kadar dan Distribusi Spasial Logam Berat Kadmium (Cd) pada Rumput Laut Asal Perairan Kab. Takalar dengan Metode SSA (Spektrofotometer Serapan Atom). Fakultas Sains dan Teknologi UIN Alauddin Makassar.

Wanna, M., S. Yanto, & Kadirman. 2017. Analisis Kualitas Air dan Cemaran Logam Berat Merkuri (Hg) dan Timbal (Pb) pada Ikan di Kanal Daerah Hertasning Kota Makassar. Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian. Vol.3. September Suplemen : S197-210.

Wardana, W. A. 2004. Dampak Pencemaran Lingkungan. Edisi Revisi. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Yuningsih, H. D., Prijadi S. & Sutrisno A. 2014. Hubungan Bahan Organik dengan Produktivitas Perairan pada Kawasan Tutupan Eceng Gondok, Perairan Terbuka Dan Keramba Jaring Apung di Rawa Pening Kabupaten Semarang Jawa Tengah. Diponegoro Journal Of Maquares Management of Aquatic Resources 3 (1): 37-43


Article Metrics

Abstract view : 2219 times | PDF view : 942 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian



Publisher Address :

Department of Agricultural Technology Education, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Makassar

Kampus UNM Parang Tambung, Jalan Daeng Tata Raya, Makassar, South Sulawesi, Indonesia 90224
Email: redaksijurnalptp@gmail.com
Website: http://ojs.unm.ac.id/ptp


INDEXED BY :

This journal is published under the terms of  Creative Commons Attribution 4.0 International License.