PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MENGENDALIKAN HAMA TANAMAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI SMK NEGERI 6 TAKALAR
(1) Program Studi Pendidikan Teknologi Pertanian Universitas Negeri Makassar
(2) Program Studi Pendidikan Teknologi Pertanian Universitas Negeri Makassar
(3) Program Studi Pendidikan Teknologi Pertanian Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jptp.v2i1.5155
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ageng Prakoso Rubi. 2012. Penerapan Model Pembelajaran berbasis Masalah (Problem Based Learning) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Diklat Praktik Dasar Intalasi Listrik (PDIL) di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Skripsi tidak diterbitkan.
Asep Jihad dan Abdul Haris, 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Aunurrahman. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Badan Standar Nasional Pendidikan. 2013. Kisi-Kisi Soal Teori Kejuruan. Hak Cipta pada Kemdikbud.
Fitriani. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Pencapaian Kompetensi Pengembangan Desain Motif Batik di SMP N 2 Prambanan. Jurnal Penelitian tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Hasrul Bakri. 2009. Peningkatan Minat Belajar Melalui Pendekatan Problem Based Learning. Jurnal MEDTEK. 1 (1).
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). 2008. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Leonardus Baskoro Pandu Y. 2013. Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran Komputer (KK6) di SMK N 2 Wonosari Yogyakarta. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Ridwan, Taufik dan Ade Gafar Abdullah. 2008. Implementasi Problem Based Learning (PBL) pada proses Pembelajaran di BPTP Bandung. Skripsi tidak diterbitkan. Jakarta: FPTK UPI.
Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran, cetakan ke-2. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Siregar, Evelin dan Hartini Nara. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Syahruddin, dkk. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V SD. MIMBAR PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. 2 (1).
Yamin Martinis. 2013. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Referensi.
Article Metrics
Abstract view : 273 times | PDF view : 244 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian
Publisher Address :
Department of Agricultural Technology Education, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Makassar
Kampus UNM Parang Tambung, Jalan Daeng Tata Raya, Makassar, South Sulawesi, Indonesia 90224
Email: redaksijurnalptp@gmail.com
Website: http://ojs.unm.ac.id/ptp
INDEXED BY :
This journal is published under the terms of Creative Commons Attribution 4.0 International License.