PENINGKATAN HASIL BELAJAR TANAH DAN PUPUK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LEARNING TOGETHER PADA SISWA KELAS X AGRONOMI SMK NEGERI 1 MARIORIWAWO SOPPENG

Ilham Ilham(1*), Lahming Lahming(2), Muhammad Rais(3),

(1) Program Studi Pendidikan Teknologi Pertanian Universitas Negeri Makassar
(2) Program Studi Pendidikan Teknologi Pertanian Universitas Negeri Makassar
(3) Program Studi Pendidikan Teknologi Pertanian Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jptp.v1i1.5141

Abstract


The purpose of this research is to detects the student’s achievement in understanding soil and fertilizers subject using cooperative learning model  with Learning Together technique for X  class of the students in SMK 1 Marioriwawo Soppeng  in Agronomy major. This is a Classroom Action Research; the approach that is stimulated student’s motivation  in doing research oriented to the nature, which has 25 students as the subject of research. Cooperative learning model  with Learning Together technique can be a method that encourages students to ask actively and to convey their opinion with the strong and accurate arguments. This research applies to the cooperative learning model  with Learning Together technique. Generally, this technique is oriented on dividing tasks and student’s individual responsibility in learning as a member of the group, each member of the group gets different tasks in order to build their own understanding in the theories and facts. From the results of the research, there is a significant of student’s achievement from the first cycle to the second cycle. It shows that the implementation of cooperative learning model  with learning together technique can increase student’s achievement in understanding soil and fertilizer subject at  X  class of the students in  SMK 1 Marioriwawo Soppeng in Agronomy major

Keywords


Cooperative Learning Method, Learning Together Technique and Student’s Achievement

Full Text:

PDF

References


Amiruddin. 2010. Pelaksanaan Diklat Melalui Modelling Dan Real Teaching Di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (Lpmp) Aceh Tim Best Practice Lpmp Aceh, (on line), (http://lpmp-aceh.com/download/download.php? fileId=21, diakses pada tanggal 05 Februari 2015).

Anwar & Harmi. 2010. Pernecanaan Sistem Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Daryanto. 2011. Penelitian Tindakan Kelas Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.

Gayuh. 2009. Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Semester II Tahun 2008/2009 SD Negeri Duren 01 Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang Menggunakan Metode Diskusi Tipe kooperatif dalam Pembelajaran IPS, (on line), (http://ujityo.blogspot.com/, diakses pada tanggal 22 September 2014).

Hidayat, Arif. 2011. Perbedaan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Together pada Standar Kompetensi Memahami Sifat Dasar Sinyal Audio. Skripsi. Tidak dipublikasikan. Surabaya:UNESA.

Huda, Miftahul. 2011. Cooperative Learning . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Irawan, Didi. 2003.Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Problem Posing Dengan Setting Kooperatif Pada Siswa Kelas Viiia Smp Negeri 2 Bontonompo Selatan Kabupaten Gowa. Proposal Penelitian. Tidak Diterbitkan. Makassar: FKIP UNISMUH Makassar.

Khoirun Nas, Moch & Edy Sulistyo. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Together Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Diklat Menjelaskan Dasar-Dasar Sinyal VideO di Smk Negeri 1 Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Surabaya, (on line), Volume 2 Nomor 3. (http://id.scribd.com/doc/168458335/Untitled#download, diakses pada tanggal 06 Februari 2015).

Kurniawan, Didi. 2013. Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning), (on line), (https://kurniawanbudi04.wordpress.com/2013/05/27/model-pembelajaran-kooperatif-cooperative-learning/, diakses pada tanggal 10 Februari 2015).

Maya Gatry, Gita. 2009. Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Pembeajaran Matematika Realistik Pada Pokok Bahasan Pecahan Di Kelas VII SMP Negeri 25 Makassar. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Makassar: FKIP Unismuh Makassar.

Musakkir. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Aktif Hasil Belajar Teknik Komputer dan Jaringan pada Siswa Kelas XI Multimedia SMKN 2 Watansoppeng. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Makassar: FT UNM.

Muslich, Masnur. 2009. Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas Itu Mudah. Malang: Bumi Aksara.

Suryabrata, Sumadi. 2010. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Surtini, Sri, dkk. 2003. Implementasi Problem Posing Pada Pembelajaran Operasi Hitung Bilangan Cacah Siswa Kelas Iv Sd Di Salatiga. Laporan Penelitian. Tidak Diterbitkan.Lembaga Penelitian – Universitas Terbuka.

Syah, Muhibbin. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Syam, Islamuddin. 2013. Teori Hasil Belajar Menurut Para Ahli, (on line), (http://www.slideshare.net/ismdn/teori-hasil-belajar-menurut-para-ahli, diakses pada tanggal 17 Januari 2015).

Tohirin. 2011. Psikologi Pembelajaran Agama islam. Edisi Revisi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Wakhinuddin. 2009. Metode Penelitian PTK (Sub Jenis Penelitian), (on line), (https://wakhinuddin.wordpress.com /2009/08/06/ bab-iii-metode-penelitian-ptk-sub-jenis-penelitain/, diakses pada tanggal 18 Januari 2015)


Article Metrics

Abstract view : 429 times | PDF view : 215 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian



Publisher Address :

Department of Agricultural Technology Education, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Makassar

Kampus UNM Parang Tambung, Jalan Daeng Tata Raya, Makassar, South Sulawesi, Indonesia 90224
Email: redaksijurnalptp@gmail.com
Website: http://ojs.unm.ac.id/ptp


INDEXED BY :

This journal is published under the terms of  Creative Commons Attribution 4.0 International License.