Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Melalui Praktek Microteaching Pada Mahasiswa Pendidikan Teknologi Pertanian

Ervi Novitasari(1*), Khaidir Rahman(2), Nunik Lestari(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jptp.v9i1.44348

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat penguasaan keterampilan dasar mengajar mahasiswa Pendidikan Teknologi Pertanian melalui kegiatan microteaching. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu metode kualitatif menggunakan desain deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari 30 mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknologi Pertanian. Teknik analisis data menggunakan langkah reduksi, penyajian, dan penarikan data. Hasil penelitian yang diperoleh diantara lain: Keterampilan dalam membuka dan menutup kegiatan belajar mendapatkan nilai dengan kriteria sangat baik; Keterampilan dalam menjelaskan mendapatan hasil penilaian dengan kriteria baik; Keterampilan dalam memberikan penguatan dengan nilai kriteria sangat baik; Keterampilan untuk mengadakan varisi berada pada kriteria penilaian baik ; Keterampilan dalam mengelola kelas berada pada kriteria penilaian baik ;Keterampilan dalam membimbing diskusi kelompok kecil berada pada kriteria penilaian baik; dan Keterampilan dalam bertanya berada pada kriteria penilaian baik. Dari hasil analisis keseluruhan keterampilan dasar mengajar disimpulkan bahwa mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknologi Pertanian memiliki penguasaan keterampilan yang baik dalam melakukan praktek microteaching.

Keywords


skills; teaching; students

Full Text:

PDF

References


Agustina, P.,& Saputra.,A. (2017). Profil Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa calon Guru Biologi pada mata Kuliah Microteaching. Jurnal BIOEDUKATIKA.V(1);21 (Online)

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi.Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Halimah., L. 2017. Keterampilan mengajar sebagai Insprirasi untuk Menjadi Guru yang Excellent di Abad 21. Bandung: PT. Rafika Aditama.

Karwati, E., Donni & Priansa, J. 2014. Menejemen Kelas. Bandung: Alfabeta

Marno dan Idris., M. 2008. Strategi & Metode Pengajaran: Menciptakan Keterampilan. Mengajar yang Efektif dan Edukatif. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Miles, Mathew B., dan A. Michael Huberman. 1994. An Expanded Sourcebook: Qualitative Data Analysis. London: Sage Publications.

Mulyasa, H. E. (2013). Dasar-Dasar Keterampilan Menulis.Bandung: Angkasa.

Mulyasa., E.2010. Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran yang Kreatif dan Menyenangkan. Bandung:Remaja Rosda Karya.

Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil Belajar.Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Sujiono. 2009. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Uzer.,U.,M. 2004. Menjadi Guru Profesional. Bandung; PT. Remaja Rosdakarya.

Uzer.,U.,M. 2013. Menjadi Guru Profesional. Bandung; PT. Remaja Rosdakarya.

Wahid. 2012. Membangun kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematikan STKIP Siliwangi Bandung.


Article Metrics

Abstract view : 93 times | PDF view : 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Author(s)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher Address :

Department of Agricultural Technology Education, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Makassar

Kampus UNM Parang Tambung, Jalan Daeng Tata Raya, Makassar, South Sulawesi, Indonesia 90224
Email: [email protected]
Website: http://ojs.unm.ac.id/ptp


INDEXED BY :

This journal is published under the terms of  Creative Commons Attribution 4.0 International License.