Pengaruh Ketebalan Tumpukan Biji Kakao Tanpa Testa Terhadap Efektifitas Pengepresan Untuk Menghasilkan Lemak Kakao.

Amiruddin Hambali(1*), Reski Praja Putra(2), Ninik Rahayu Ashadi(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jptp.v8i1.31807

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui jumlah lemak yang dihasilkan setiap lapisan atau tumpukan pada suhu ruang dan suhu 60°C serta mengetahui besar tekanan yang dibutuhkan untuk pengepresan pada tiap lapisan/tumpukan biji kakao. Prosedur kerja yang dilakukan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Pengupasan Testa Kakao, (2) Pengeringan dan Pengpresan Nib Kakao dengan perlakuan 3 lapis nib kakao, 5 lapis nib kakao, dan 7 lapis nib kakao, (3) Analisa Kadar Lemak/minyak, (4) Analisa Kadar Air. Hasil penelitian menunjukkan jumlah persen lemak/minyak yang dihasilkan berdasarkan efektifitas pengempaannya ialah pada 3 lapis atau tumpukan suhu ruang sebesar 22%. Pengepresan pada suhu 60°C dapat lebih mudah mengeluarkan lemak nib kakao dari yang sebelumnya (suhu ruang) yang sulit untuk dipisahkan. Besar tekanan dipengaruhi oleh tebal lapisan atau tumpukan nib kakao. Pada 3 dan 5 lapis/tumpukan nib kakao diperoleh sampai tekanan 25 ton, sedangkan 7 lapis atau tumpukan sampai 28 ton (terlampir pada hasil penelitian). Kesimpulan yang di peroleh dari penelitian ini (1) Tebal lapisi tumpukan nib kakao berbanding lurus terhadap jumlah (%) minyak kakao yang dihasilkan pada pengepresan suhu ruang dan suhu 60°C. Makin tebal lapisan nib kakao, rendemen lemak diperoleh semakin rendah. (2) Pengepresan nib kakao pada suhu ruang menghasilkan minyak 17% - 22% pada tekanan mininal 8 ton dan maksimal 28 ton. (3) Pengepresan padatan nib kakao suhu 60°C dapat mengeluarkan minyak/lemak 16% - 24%, dari padatan nib kakao hasil pengempaan suhu ruang dengan tekanan minimal 8 ton dan maksimal 28 ton. (4). Rendemen pengepresan dicapai 45%, jumlah tersebut sama/mendekati rendemen industri.


Keywords


Cocoa nibs; cocoa butter; pressing; pile of cocoa beans

Full Text:

PDF

References


Atjeng M. S., Subekti, D., Ervan, Nugroho A. (1988). Diktat Pengolahan Coklat. Jurusan Mekanisasi Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Bogor.

Genisa, J. (2003). Teknologi Pengolahan Minyak dan Lemak. Makassar.

Jackson, R.L.E.B. (1973). Sugar Confectionary and Chocolate Manufacture. Leonard Hill Books On Intertext Publisher, Aglesbury.

Ketaren, S. (1986). Pengantar Minyak dan Lemak Pangan. Universitas Indonesia, Jakarta

Minifie, B W. (1999). Chocolate, Cocoa, And Confectionery Science And Tecnology. Aspen Peblication, Inc. Gaitherburg, Maryland.

Muchtadi, T. R., dan Sugiyono. (1992). Petunjuk Laboratorium Ilmu Pengetahuan Bahan Pangan. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Pusat Antar Universitas Pangan dan Gizi Institut Pertanian Bogor, Bogor

Nasaruddin. (2004). Kakao, Budi Daya dan Aspek Fisiologisnya. Laboratorium Fisologi Tanaman Fakultas Pertanian dan Kehutanan, Makassar.

Nasution. Z., W., Tjiptadi. dan B. S. Laksmi. (1986). Pengolahan Coklat. Jurusan Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Siregar, T. H., Riyadi, S., & Nuraeni, L. (2010). Budi Daya Cokelat. Penebar Swadaya Grup.

Sudarmadji, S., & Haryono, B. Suhardi. (1996). Analisa Bahan Makanan dan Pertanian. Liberty. Yogyakarta.

Sunanto, H. (1992). Cokelat Budidaya, Pengolahan Hasil, dan Aspek Ekonominya. Kanisius. Yogyakarta.

Susanto, I. F. (1994). Tanaman kakao, budi daya dan pengolahan hasil. Kanisius.


Article Metrics

Abstract view : 235 times | PDF view : 75 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Amiruddin Hambali et al.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher Address :

Department of Agricultural Technology Education, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Makassar

Kampus UNM Parang Tambung, Jalan Daeng Tata Raya, Makassar, South Sulawesi, Indonesia 90224
Email: redaksijurnalptp@gmail.com
Website: http://ojs.unm.ac.id/ptp


INDEXED BY :

This journal is published under the terms of  Creative Commons Attribution 4.0 International License.