Keragaan Usaha Pelayanan Jasa Alat Dan Mesin Pertanian (UPJA) dalam Pemanfaatan Alat Mesin Pertanian di Kabupaten Madiun

Aninda Ayu Arizka(1*), Andri Prima Nugroho(2), Muhammad Shohibun Nuha(3),

(1) Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang
(2) Universitas Gadjah Mada
(3) PT.Angkasa Mulya Trading
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jptp.v8i2.31203

Abstract


Alat dan mesin pertanian (alsintan) mempunyai peran penting dalam rangka mendukung pemenuhan produksi pertanian. Sebagai salah satu usaha dalam pengaplikasian mekanisasi pertanian dan usaha untuk mempercepat adopsi alsintan, diperlukan dukungan kelembagaan dalam pengelolaannya. Salah satunya yaitu melalui suatu lembaga ekonomi perdesaan yang bergerak di bidang pelayanan jasa alsintan yang dinamakan Usaha Pelayanan Jasa Alsintan (UPJA). Pemerintah pusat saat ini sedang giat melaksanakan program mekanisasi pertanian ke seluruh pelosok tanah air, termasuk Kabupaten Madiun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keragaan UPJA terutama terkait dengan aktivitas pengelolaan dan penggunaan atau pemanfaatan alsintan dalam mendukung kegiatan usaha tani di Kabupaten Madiun. Alsintan yang paling banyak dimiliki oleh UPJA di Kabupaten Madiun adalah Traktor Roda 2 untuk percepatan pengolahan lahan. Dalam introduksi mekanisasi pertanian, UPJA konvensional di wilayah kajian belum cukup bisa berkontribusi. Sehingga diperlukan kerjasama/ keterlibatan lembaga administrasi dan lembaga ekonomi desa lain untuk bekerja bersama dengan UPJA. Setelah dilakukan proses klasifikasi data, dapat ditentukan jenis permasalahan dan pelatihan yang dibutuhkan. Pelatihan yang dibutuhkan berdasar data lapangan adalah pelatihan manajerial dan pelatihan teknis operasional UPJA. Program penguatan kelembagaan akan dilakukan dengan sasaran ketua UPJA dan program penguatan kemampuan teknis yang diberikan untuk operator dan teknisi alsintan tiap UPJA target.


Keywords


Alat mesin pertanian; UPJA; Madiun; Traktor roda 2

Full Text:

PDF

References


Aldillah, R. (2016). Kinerja Pemanfaatan Mekanisasi Pertanian Dan Implikasinya Dalam Upaya Percepatan Produksi Pangan Di Indonesia. Forum Penelitian Agro Ekonomi, Vol. 34 No. 2, 163-177.

Amare. D., W. Endalew. (2016). Agricultural : Assessment of mechanization impact experiences on the rural population and the implications for Ethiopian Smallholders. Engineering and Applied Sciences. 1(2): 39–48.

Dasilva, Carlos Alexandre Gouvea,. José Luiz Rodrigues de Sá., & Rafael Menegatti. (2019) Diagnostic of Failure in Transmission System of Agriculture Tractors Using Predictive Maintenance Based Software. AgriEngineering 1.1 :132-144.

Hamidah, H dan Soedarto, T. (2006). Analisis Traktor Tangan pada Usaha Pelayanan Alsintan Pola Kerjasama Operasional di Kab.Gresik (diakses tanggal 3 Februari 2020 dari http://repisitory.ipb.ac.id)

Hanggana, S. (2018). Analisis Kelemahan Regulasi Poktan, Gapoktan, UPJA, dan LKM-A dalam Peningkatan Pendapatan Petani. Analisis Kebijakan Pertanian, Vol.15 No.2, Desember 2017: 137-149. http://dx.doi.org/10.21082/akp.v15n2.2017.137-149

Hantoro, FRP, Prasetyo, E dan Hermawan, A. (2020). Dampak Penggunaan Alat dan Mesin Pertanian terhadap Produksi Padi di Kabupaten Tegal. BPTP Jawa Tengah. https://www.jurnalpangan.com (diakses tanggal 19 November 2019).

Karim, D.S. (2019). Analisis Usaha Jasa Penyewaan Alsintan (Hand Tractor) di Desa Maccinibaji, Kecamatan Bajeng, Kabupaten Gowa. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Kementerian Pertanian. (2008). Peraturan Menteri Pertanian Nomor 25 Tentang Pedoman Penumbuhan dan Pengembangan Usaha Pelayanan Jasa Alat dan Mesin Pertanian. Jakarta.

Purwantini, Tri Basuki. Susilowati. Sri Hery. (2019). Dampak Penggunaan Alat Mesin Panen Terhadap Kelembagaan Usaha Tani Padi. Analisis Kebijakan Pertanian 16(1): 73-88.

Suheiti, K dan Noeriwan. (2015). Peran Traktor Roda 2 Dalam Gerakan Percepatan Tanam Padi di jawa Timur. Jawa Timur:Balai Pengkajian Teknologi Pertanian.

Suhendrata, T. (2015). Pengembangan Penerapan Mekanisasi Pada Usaha Tani Padi Sawah Melalui Pemberdayaan Kelembagaan Petani: Studi Kasus di Desa Ngarum, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. BPTP Jawa Tengah.

Suyatno, A., Imelda, Komariyati. (2018). Pengaruh Penggunaan Traktor Terhadap Pendapatan dan Penggunaan Tenaga Kerja pada Usahatani Padi di Kabupaten Sambas. AGRARIS: Journal of Agribusiness and Rural Develpoment Research Vol. 4 No. 2 Juli–Desember 2018.


Article Metrics

Abstract view : 520 times | PDF view : 156 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aninda Ayu Arizka

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher Address :

Department of Agricultural Technology Education, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Makassar

Kampus UNM Parang Tambung, Jalan Daeng Tata Raya, Makassar, South Sulawesi, Indonesia 90224
Email: redaksijurnalptp@gmail.com
Website: http://ojs.unm.ac.id/ptp


INDEXED BY :

This journal is published under the terms of  Creative Commons Attribution 4.0 International License.