Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik

Hartini Hartini(1*), Patang Patang(2),

(1) SMK Negeri 1 Sebulu
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jptp.v8i2.30287

Abstract


Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran teknik pendederan komoditas perikanan air tawar dengan model pembelajaran Problem Based Learning. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah peserta didik kelas XII Jurusan Agribisnis Perikanan Air Tawar SMK Negeri 1 SEBULU pada semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 7 orang, dilaksanakan dalam 3 siklus selama 31 hari dari tanggal 26 Agustus 2021 sampai dengan tanggal 07 Oktober 2021. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar, observasi dan dokumentasi. Data yang dikumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan hasil belajar peserta didik yang mengalami perubahan signifikan dari pelaksanaan PTK pada siklus I sampai dengan siklus III dengan skor rata-rata pada PTK siklus I sebesar 72.86 ketuntasan sebesar 57.14%, pada PTK siklus II sebesar 77.86 ketuntasan sebesar 85.71%, pada PTK siklus III sebesar 95.71 ketuntasan sebesar 100%. Ketuntasan hasil belajar peserta didik secara klasikal pada PTK siklus I sampai dengan PTK siklus III mengalami peningkatan yakni 95%.

Keywords


Model pembelajaran; Problem Based Learning; hasil belajar; peserta didik

Full Text:

PDF

References


Anonim. (2020). Format Laporan PPL & PTK PPG dalam Jabatan. P3G UNM. Makassar.

Anonim. (2021). Panduan Teknis PPL PPG dalam Jabatan. P3G UNM. Makassar.

Arikunto, S. (1996). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Atkinson, Rita. L. 1992. Pengantar Psikologi Jilid I. Penerjemah Taufik Burhan. Jakarta: Erlangga.

UPT PPL. (2020). Panduan Program Pengalaman Lapangan (PPL). UNM. Makassar.

“Pengertian Model Pembelajaran Problem Based Learning”. tripven.com. 16 Oktober 2019.https://www.tripven.com/problem-based-learning/. Tanggal akses 10 desember 2021.

Kunandar. (2011). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. PT. Rajawali Pers. hal.45

Masnur, Muslich. (2011). Melaksanakan PTK Itu Mudah. Jakarta. Bumi Aksara. hal.8

Sukayati. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta. PPPPTK Matematika. hal.8

I.G.A.K Wardani, Kuswaya Wihardit; Noehi Nasution. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Universitas Terbuka. hal.14

Suyadi. (2010). Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Jogyakarta. Diva Press. hal.49


Article Metrics

Abstract view : 164 times | PDF view : 50 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Hartini Hartini, Patang Patang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher Address :

Department of Agricultural Technology Education, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Makassar

Kampus UNM Parang Tambung, Jalan Daeng Tata Raya, Makassar, South Sulawesi, Indonesia 90224
Email: redaksijurnalptp@gmail.com
Website: http://ojs.unm.ac.id/ptp


INDEXED BY :

This journal is published under the terms of  Creative Commons Attribution 4.0 International License.