Penerapan Pembalajaran Digital pada Materi Peralatan dan Bahan Las Listrik untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa

Lydia Episar(1*), Andi Muh Irfan(2),

(1) SMP YPK 1 Biak
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jptp.v8i2.29927

Abstract


Pembelajaran di SMK YPK 2 Biak selama masa pandemic covid-19 dinilai kurang efektif dan menurunkan minat belajar peserta didik. Pembelajaran hanya dilakukan melalui WA-group bagi mereka yang memiliki gadget dan bagi mereka yang tidak memiliki gadget disediakan materi dan LKPD untuk di copy dan dipelajari di rumah. Tidak ada interaksi antara guru dan perserta didik sehingga hanya sebagian dari mereka yang aktif mengikuti pembelajaran.  Hal ini mendorong menulis untuk penelitian dengan menerapkan pembelajaran digital untuk meningkatkan minat belajar siswa SMK YPK 2 Biak.  Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, siklus pertama dilakukan secara daring melalui zoom meeting dan siklus ke kedua dilakukan dengan tatap muka terbatas di kelas.  Pembelajaran digital dilakukan dengan membagikan materi, vidio dan LKPD di media padlet serta melakukan tes diakhir pembelajaran dengan aplikasi quizizz.  Minat belajar peserta didik dilihat dari persentase kehadiran dalam kelas, keaktifan mengerjakan tugas dalam kelompok, memaparkan hasil, tanya jawab dan dalam mengikuti tes dibagian akhir pembelajaran.   Dari hasil penelitian menujukkan bahwa kehadiran peserta didik pada siklus I dan II mencapai 100%.  Keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran pada pada sikulus 1 keseluruhan masih kurang dari 50% sedangkan pada siklus II persentasenya diatas 80%.  Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran digital di SMK YPK 2 Biak dapat meningkatkan minat belajar peserta didik baik dalam kelas virtual maupun melalui tatap muka langsung di kelas.  Penerapan pembelajaran digital perlu bimbingan langsung dari guru untuk lebih meningkatkan minat belajar peserta didik.

Keywords


pembelajaran digital; las listrik; minat belajar

Full Text:

PDF

References


Abror, Abd. Rachman. (2003). Psykologi Pendidikan, PT. Tiara Wacana. Yogyakarta.

Budiman, H. (2017). Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, Volume 8 No. I 2017

Dewi, V.K., Sunarsi, D., & Akbar, I.R. (2020) Dampak Penggunaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Terhadap Minat Belajar Siswa Di SMK Ganesa Satria Depok. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan https://jurnal.unibrah.ac.id/index.php/JIWP Vol. 6, No.4, Desember 2020

Gunarto, W. & Hidayah, N. (2014). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pembelajaran Alat-Alat Optik Melalui Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat Di Kelas Viii Smpn 3 Belitang Madang Raya. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika Vol.1 No.1, Mei 2014

Ilham, MM., (2010). Kamus bahasa Indonesia. Mitra jaya. Jakarta.

Nabela, S. & Effendi, R. (2020). Employing Digital Learning For Fostering Innovative Creativity. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang 10 Januari 2020.

Suciati. (2018). Pengembangan Kreativitas Inovatif Melalui Pembelajaran Digital. Jurnal Pendidikan, Volume 19, Nomor 2, September 2018, 146-155

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.


Article Metrics

Abstract view : 49 times | PDF view : 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Lydia Episar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher Address :

Department of Agricultural Technology Education, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Makassar

Kampus UNM Parang Tambung, Jalan Daeng Tata Raya, Makassar, South Sulawesi, Indonesia 90224
Email: redaksijurnalptp@gmail.com
Website: http://ojs.unm.ac.id/ptp


INDEXED BY :

This journal is published under the terms of  Creative Commons Attribution 4.0 International License.