Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Vini Sulatri(1*), Patang Patang(2), Fitria Silda Dorangke(3),

(1) SMK N 3 Berau
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SMK N 9 Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jptp.v8i2.28835

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI APAPL SMK Negeri 3 Berau pada mata pelajaran Teknik Penanganan Pascapanen melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini digolongkan ke dalam penelitian tindakan kelas (Clasroom Action Reaserch) yang terdiri dari tiga siklus. Setiap siklus dilaksanakan dalam tiga tahap, yaitu: (a) perencanaan, (b) tindakan/pengamatan, (c) refleksi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI APAPL SMK N 3 Berau Tahun Ajaran 2021/2022 yang terdiri dari 27 siswa. Teknik utama dalam pengumpulan data dilakukan dengan cara tes dan observasi, sementara teknik pendukung dengan menggunakan wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas XI APAPL mulai dari, siklus I, siklus II dan siklus III, yaitu 67,70 pada siklus I meningkat menjadi 75,65 pada siklus II dan kembali meningkat menjadi 80,85 pada siklus III. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar Teknik Penanganan Pascapanen siswa kelas XI APAPL SMK N 3 Berau.


Keywords


Penelitian tindakan kelas; Problem Based Learning (PBL); hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Amir, M. (2009). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Arends, R. I. (2008). Learning to Teach (terjemahan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ariani, S. R. D. Redjeki, T. Wasonawati, R. R. T. (2014). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran Hukum-Hukum Dasar Kimia Ditinjau dari Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 3(3) 66-75.

Astawa, I. D. K. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Nusa Penida. Jurnal Santiaji Pendidikan, 11(1). ISSN 2087-9016, e-ISSN 2685-4694.

Budiati, A. C. Darmono, A. Y. D. Hajar, N. A. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X-3 Pada Mata Pelajaran Sosiologi SMA Negeri Kebakkramat Tahun Ajaran 2015/2016.

Gumrowi, A. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Listrik Dinamik Menggunakan Strategi Pembelajaran Team Assisted Individualization Melalui Simulasi Crocodile Physics. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5 (1) 105-11.

Kurniawan, E. (2012). Perbedaan Metode Brain Based Learning terhadap Capaian Prestasi Prestasi Akademik dan Retensi Pengetahuan Siswa pada Pembelajaran Fisika di Sekolah Menengah Pertama [Skripsi]. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Nisa, A. K. (2015). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pemrograman Desktop Kelas XI RPL SMK Ma’arif Wonosari [Skripsi]. Universitas Negeri Yogyakarta.

Novitasari, D. Wahyuni, D. & Prihatin J. (2015). Pembelajaran Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Dilengkapi Teknik Mind Mapping Terhadap Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMAN 1 Pakusari Jember Pokok Bahasan Jamur Kelas X Semester Gasal Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Pancaran, 4 (2) 35-47.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Menteri Pendidikan Nasional.

Ramson, A. (2010). Model Pembelajaran Konstruktivis untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP pada Topik Cahaya [Tesis]. Universitas Pendidikan Indonesia.

Ratumanan & Laurens. (2011). Penilaian Hasil Belajar pada Tingkat Satuan Pendidikan Edisi 2. Ambon: Unesa University Press.

Riastini, P. N. Suarjana, M. Gunantara, G. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1).

Rusmono. (2014). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning Itu Perlu. Bogor: Penerbit Ghalia Indone.

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Saregar, A. (2016). Pembelajaran Pengantar Fisika Kuantum Dengan Memanfaatkan Media Phet Simulation dan LKM Melalui Pendekatan Saintifik: Dampak Pada Minat dan Penguasaan Konsep Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5 (1) 53-60.

Shoimin, A. (2016). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Tan, O. (2003). Problem Based Learning Innovation: Using Problem to Power Learning in 21st Century, thompson Learning.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 yang tercantum pada BAB II Pasal 3 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wahyuni, A. Parasamya, C. E. (2017). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Fisika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jurnal Ilmiah Mahasiswai(JIM) Pendidikani Fisika, 2(1) 42-49.

Wee, K. Kek, M. A. (2002). Authentic Problem Based Learning: Rewriting Business Education. Prentice Hall.

Widyaningsih, S. W. Sinon, I. L. S. Rerung, N. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMA Pada Materi Usaha dan Energi. Jurnal Pendidikan Fisika Al-Biruni 06(1) 47-55, from DOI: 10.24042/jipf%20al-biruni.v6il.597.


Article Metrics

Abstract view : 1605 times | PDF view : 335 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 vini sulatri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher Address :

Department of Agricultural Technology Education, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Makassar

Kampus UNM Parang Tambung, Jalan Daeng Tata Raya, Makassar, South Sulawesi, Indonesia 90224
Email: redaksijurnalptp@gmail.com
Website: http://ojs.unm.ac.id/ptp


INDEXED BY :

This journal is published under the terms of  Creative Commons Attribution 4.0 International License.