Meningkatkan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Pengemasan Ikan Segar Melalui Model “Cooperative Learning”

Ummu Hakim(1*), Muhammad Rais(2), Meilse Rani(3),

(1) Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Berau
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SMK Negeri 9 Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jptp.v8i2.27090

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada kompetensi Ekspor Olahan Hasil Perikanan sub materi Kemasan Ikan Segar Siswa SMK Negeri 3 Berau Program Keahlian Agribisnis Pengolahan Hasil Perikanan. Subjek penelitian adalah 12 siswa kelas XI APHPI Tahun Pelajaran 2021/2022. Peneliti menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Sebelum siklus 1, pembelajaran dilakukan secara konvensional. Pada siklus 1 dan 2 peneliti menggunakan Cooperative Learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Cooperative Learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Rata-rata nilai tes tertulis meningkat dari 6,60 menjadi 7,00 pada siklus 1 dan 7,89 pada siklus 2. Persentase ketuntasan belajar secara klasikal juga meningkat dari 16,66% menjadi 50,00% pada siklus 1 dan menjadi 91,60% pada siklus 2. Motivasi belajar siswa, pada awal, adalah 25,00% siswa motivasi sedang dan 8,33% siswa motivasi tinggi. Setelah diterapkan Cooperative Learning pada siklus 1, 58,33% siswa bermotivasi tinggi dan 33,33% siswa bermotivasi sangat tinggi. Pada siklus 2 terjadi peningkatan sebesar 16,66% siswa bermotivasi tinggi dan 83,33% siswa bermotivasi sangat tinggi.


Keywords


cooperative learning; peningkatan motivasi; hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Berns, R. G., & Erickson, P. M. (2001). Contextual Teaching and Learning: Preparing Students for the New Economy. The Highlight Zone: Research@ Work No. 5.

Eggen, P. D., & Kauchak, D. P. (1996). Strategies for teachers: Teaching content and thinking skills. Prentice hall.

Hake, R. R.(1999). Analyzing change/gain scores. AREA-D American education research association’s devision. D. Measurement and Reasearch Methodology.

Mulyana, A. (2018). PERBANDINGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW DENGAN STAD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian Quasi Eksperimen Pada Kelas IV Tema 1 Indahnya Kebersamaan Subtema 2 Kebersamaan dalam Keberagaman di SDN 223 Bhakti Winaya Bandung Tahun Ajaran 2018-2019) (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).

Nur, M. (2001). Pemotivasian Siswa Untuk Belajar. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Uno, H. B. (2021). Teori motivasi dan pengukurannya: Analisis di bidang pendidikan. Bumi Aksara.


Article Metrics

Abstract view : 76 times | PDF view : 24 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ummu Hakim, Ummu Hakim

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher Address :

Department of Agricultural Technology Education, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Makassar

Kampus UNM Parang Tambung, Jalan Daeng Tata Raya, Makassar, South Sulawesi, Indonesia 90224
Email: redaksijurnalptp@gmail.com
Website: http://ojs.unm.ac.id/ptp


INDEXED BY :

This journal is published under the terms of  Creative Commons Attribution 4.0 International License.