Analisis Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Media Pembelajaran Simulator Hidroponik Berbasis Mikrokontroller Di SMK

Ervi Novitasari(1*), Khaidir Rahman(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jptp.v7i2.22781

Abstract


Penelitian bertujuan untuk melihat pengaruh aktivitas belajar dan hasil belajar peserta didik melalui penerapan media pembelajaran hidroponik dengan penambahan (led growh light). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperimen, dimana responden peneitian terdiri dari 30 orang peserta didik. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data melalui lembar observasi yang terdiri dari beberapa butir-butir pernyataan yang dibuatkan berdasarkan 4 aspek aktivitas yaitu aktivitas visual, aktivitas lisan, aktivitas mendegarkan dan aktivitas motorik. Selanjutnya peserta didik akan diberikan tes objektif pilihan ganda pada awal (pre-test) dan akhir (post-test) untuk mengukur hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menujukkan bahwa penerapan media pembelajaran simulator hidroponik berbasis mikrokontroller  pada peserta didik berpengaruh terhadap peningkatan aktivitas belajar peserta didik. Hasil rata-rata menujukkan penilaian kategori aktif dan sangat aktif dengan nilai yang diperoleh pada pertemuan 1 66 %, pertemuan 11 74.75 %  dan pertemuan III 8.50 %. Sedangkan untuk hasil belajar peserta didik menunjukkan adanya pengaruh dan peningkatan melalui melalui penerapan media pembelajaran simulator hidroponik berbasis mikrokontroller dengan nilai rata-rata  pre-test sebesar 66 % dan post-test 74.75 % . Hal ini terlihat dari nilai N-Gain yang diperoleh yaitu 0,71 dengan kategori tinggi atau cukup efektif.


Keywords


Aktivitas, hasil belajar, hidroponik, mikrokontroller, peserta didik

Full Text:

PDF

References


Azhar, Arsyad. (2010). Media Pembelajaran, Jakarta: Rajawali Pers.

Darmadi. 2017. Pengembangan Model Dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish

Djamarah, S.B,. dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rieneka CIpta

Hasmiati, 2017. Aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran pertumbuhan dan perkembangan dengan metode Praktikum. Jurnal Biotek Volume 5 Nomor 1 Juni 2017

Hake, R, R. (1999).Analyzing Change/Gain Scores.AREA-D American Education Research Association’s Devision.D, Measurement and Reasearch Methodology.

Musfiqon. 2012. Panduan Lengkap Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustaka Publesher

Syahfitri, M. M., (2008), Analisa Unsur Hara Fosfor (P) pada Daun Kelapa Sawit secara Spektrofotometri di Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) Medan, Laporan Hasil Penelitian, FMIPA, Universitas Sumatera Utara, Medan


Article Metrics

Abstract view : 269 times | PDF view : 66 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ervi Novitasari, Khaidir Rahman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher Address :

Department of Agricultural Technology Education, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Makassar

Kampus UNM Parang Tambung, Jalan Daeng Tata Raya, Makassar, South Sulawesi, Indonesia 90224
Email: redaksijurnalptp@gmail.com
Website: http://ojs.unm.ac.id/ptp


INDEXED BY :

This journal is published under the terms of  Creative Commons Attribution 4.0 International License.