Rancang Bangun Alat Pemanggang Ikan Bandeng (Chanos-chanos) Tipe Smart Berbasis Mikrokontroler

Darmawan Darmawan(1*), Jamaluddin Jamaluddin(2), Muhammad Rais(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jptp.v8i1.19326

Abstract


Ikan merupakan salah satu bahan pangan yang memiliki kandungan air serta zat gizi yang tinggi. Hal ini akan menyebabkan mikroorganisme mudah tumbuh dan menyebabkan kerusakan pada bahan pangan. Upaya untuk memperpanjang daya tahan simpan bahan pangan salah satunya yaitu melalui pemanggangan. Pemanggangan secara umum masih dilakukan secara konvensional. Permasalahan yang dialami masyarakat pada penggunaan alat pemanggan ikan konvensional dengan bara api sebagai sumber panas beresiko ketika melakukan proses pembalikan dan penambahan bara api. Penelitian ini bertujuan untuk membuat alat pemanggang ikan bandeng tipe smart berbasis mikrokontroler dan mengetahui kerja alat yang efektif. Penelitian ini merupakan rekayasa/rancang bangun, data yang dihasilkan berupa data kuantitatif dan akan dianalisis secara deskriptif. Pembuatan alat terbagi atas tiga tahapan yaitu tahap pertama, pembuatan rangka dan pemasangan komponen bahan. Tahap kedua, pembuatan sistem mikrokontroler yang meliputi jalur rangkaian, pemasangan komponen dan pengimputan bahasa program pada sistem mikrokontroler. Tahap ketiga, proses finalisasi adalah tahap penggambungan komponen mekanik dan sistem minimum. Serta alat pemanggang ikan bandeng berfungsi dengan baik. Alat pemanggan dapat memanggang ikan dengan memberikan suhu dan waku yang cukup pada ikan sehingga memberikan unjuk kerja yang efektif

Keywords


Pemanggang; Mikrokontroler; Ikan Bandeng

Full Text:

PDF

References


Astawan, M. 2004. Sehat Bersama Aneka Sehat Pangan Alami. Solo: Tiga Serangkai.

Azwardi dan Sucianti, D. 2015. Rancang Bangun Prototipe dan Sistem Kendali Jarak Jauh Alat Pemanggang Berbasisi Mikrokontroler ATMega8538. Jurnal Jupiter.Vol. 7 No. 1.

Chef Arnold. 2020. MASTERCHEF INDONESIA – Amy Zein Berhasil dengan Dish Buatannya. Diakses http://youtu.be/oU-dQMGhx50 pada tanggal 7 februari 2020.

Hadwiyoto, S, 1993. Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan. Yogyakarta: Penerbit Liberty.

Irianto, H dan Soesilo, I. 2007. Dukungan Teknologi Penyedian Produk Perikanan. Badan Riset Kelautan dan Perikanan.

Mareta, D, T., dan Shofia, N, A. 2011. Pengawetan Ikan Bawal dengan Pengasapan dan pemanggangan. Jurnal Mediagro. Vol 7 (2): 33-47.

Martuti, N. K. T., Rosidah, R., dan Saputro, D. D. 2014. Oven Panggang Sebagai Solusi Pengolahan Ikan Higienis dan Ramah Lingkungan. Rekayasa: Jurnal Penerapan Teknologi dan Pembelajaran. 12(1): 1-9.

Nikmaram. P., Yarmand. M.S., Emamjomeh. Z dan H. K. Darehabi. 2011. The Effect of Cooking Methods on Textural and Microstructure Properties of Veal Muscle (Longissimus dorsi). Global Veterinaria. 6 (2): 201-207.

Palupi, N, S., Zakaria, F. R dan Prangdimurti, E. 2007. Pengaruh Pengolahan Terhadap Nilai Gizi Pangan. Modul e-Learning ENBP. Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan-IPB.

Rasyad, N., V., B, Rosyidi, D, Widati, A., S. 2012. Pengaruh Lama Pemanggangan Dalam Microwave Terhadap Kualitas Fisik Steak Daging Ayam. Jurnal Ilmu dan Teknologi Hasil Ternak. Vol. 7(1): 6-11.

Rozaq, I. A., dan DS, N. Y. 2017. Uji karakterisasi sensor suhu DS18b20 waterproof berbasis arduino uno sebagai salah satu parameter kualitas air. Prosiding SNATIF. 303-309.

Sitepu, M., S. 2020. Desain Kalibrator Stopwatch Otomatis Dengan Menggunakan Kontrol Android Via Bluetooth. Tugas Akhir. Fakultas Teknologi Industri, Program Studi Teknik Elektro, Universitas Pertamina.

Sitoresmi, M.A 2020. Pengaruh Lama Pemanggangan dan Ukuran Tebal Tempe Terhadap Komposisi Proksimat Tempe Kedelai. Skripsi. Program Studi S1 Gizi. Fakultas Ilmu Kesehatan. Universitas Muhammadiyah: Surakarta.

Sudrajat, A. 2003. Pengaruh Temperatur dan Lama Pemasakan terhadap Karakteristik Fisik dan Organoleptik Daging Ayam Broiler. Skripsi. Fakultas Peternakan, Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Sundari, Dian., Almasyhuri., dan Lamid, Astuti. 2015. Pengaruh Proses Pemasakan Terhadap Komposisi Zat Gizi Bahan Pangan Sumber Protein. Jurnal Media Litbangkes.Vol. 25 No 4.

Winarno, F, G. 1993. Pangan, Gizi, Teknologi dan Konsumen. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama.


Article Metrics

Abstract view : 267 times | PDF view : 131 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Darmawan Darmawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher Address :

Department of Agricultural Technology Education, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Makassar

Kampus UNM Parang Tambung, Jalan Daeng Tata Raya, Makassar, South Sulawesi, Indonesia 90224
Email: redaksijurnalptp@gmail.com
Website: http://ojs.unm.ac.id/ptp


INDEXED BY :

This journal is published under the terms of  Creative Commons Attribution 4.0 International License.