Pemanfaatan Cangkang Rajungan (Portunus pelagicus. Sp) dan Eceng Gondok Sebagai Sumber Kalsium Pada Pakan Ayam

Muhammad Iqbal Hamka(1*), Muhammad Wiharto(2), Ratnawaty Fadilah(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jptp.v6i1.10419

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kandungan nutrisi pakan ayam berbahan baku tepung cangkang rajungan ( Portunus pelagicus sp.) dan eceng gondok. Penelitian ini menggunakan metode rancangan acak lengkap (RAL) dengan 4 level perlakuan  dengan mensubstitusi tepung ikan, yaitu K (Tepung ikan 30%, tepung cangkang rajungan 0%, dan tepung eceng gondok 0%), A (Tepung ikan 10%, tepung cangkang rajungan 20%, dan tepung eceng gondok 0%), B (Tepung ikan 10%, tepung cangkang rajungan 10%, dan tepung eceng gondok 10%), C (Tepung ikan 10%, tepung cangkang rajungan 0%, dan tepung eceng gondok 20%), Penelitian ini terdiri dari dua tahap, yaitu tahap pertama adalah pembuatan tepung cangkang rajungan (Portunus pelagicus sp.) yang sudah bersih dan dikeringkan selama ±8 jam, kemudian ditepungkan menggunakan ayakan 80 mesh, sedangkan pembuatan tepung eceng gondok dikeringkan selama ±8 jam lalu ditepungkan. Tahap kedua adalah membuat pakan sesuai dengan formulasi yang telah ditentukan dan kemudian hasilnya dilakukan uji  proksimat mencakup kandungan protein, lemak, kalsium, dan kadar air. Hasil penelitian menunjukkan bahwa substitusi pakan berbahan baku tepung cangkang rajungan ( Portunus pelagicus sp.) dan eceng gondok memiliki pengaruh yang sangat signifikan terhadap kandungan nutrisi pada pakan ayam. Hasil uji penelitian ini menunjukkan bahwa perlakuan yang terbaik yang mendekati standar SNI pakan ayam adalah perlakuan C. Kandungan nutrisi pada perlakuan ini adalah protein 26,32%, lemak 3,42%, kalsium 1,35%, dan kadar air 4,12%.

Keywords


Pakan, Ayam, Tepung Ikan, Tepung Cangkang Rajungan, Eceng Gondok, Proksimat.

Full Text:

PDF

References


Awaliah, R, Subari, Y, dan Andi, S. 2017. Analisis Sifat Fisiko Kimia Nugget Rajungan (Portunus pelagicus) dengan Berbagai Bahan Pengisi. Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian : Universitas Negeri Makassar, Vol. 3 (2).

Bintang, I.A.K., A.P. Sinurat dan T. Purwadaria. 2007. Penambahan ampas mengkudu sebagai senyawa bioaktif terhadap

performans ayam broiler. JITV 12(1): 1-5.

Dani, N. P., Budiharjo, A., & Listyawati, S. 2005. Komposisi Pakan Buatan Untuk Meningkatkan Pertumbuhan Dan Kandungan Protein Ikan Tawes (Puntius javanicus blkr.) Blkr. BioSMART: Journal of Biological Science, 7(02).

Efendi, B. 2011. Pengaruh Penggunaan Ampas Kecap Sebagai Subtitusi Bungkil Kedelai Dalam Ransum Terhadap Nilai Kecernaan Ayam Pedaging Broiler Periode Grower (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Hidayat, M. N. 2017. Respon Biologis Broiler Terhadap Pemberian Berbagai Level Tepung Cangkang Kepiting. JiiP, 3(1).

Irnawati, I., & Yanto, S. (2018). Modifikasi alat tangkap rajungan (Portunus pelagicus) dalam meningkatkan hasil tangkapan nelayan. Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian, 3, 30-39.

Kusumawati, E. 2014. Evaluasi Nilai Nutrisi Limbah Rajungan dan Kajian Potensi Sebagai Pakan Unggas. [Skripsi]. Mataram: Fakultas Peternakan Universitas Mataram.

Mahmilia, F. E. R. A. 2005. Perubahan Nilai Gizi Tepung Eceng Gondok Fermentasi Dan Pemanfaatannya Sebagai Ransum Ayam Pedaging. JITV, 10(2), 90-95.

Nurjannah, N., Yanto, S., & Patang, P. 2018. Pemanfaatan Keong Mas (Pomacea canaliculata L) Dan Limbah Cangkang Rajungan (Portunus Pelagicus) Menjadi Pakan Ternak Untuk Meningkatkan Produksi Telur Itik. Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian, 3(2), 137-147.

SNI. 2006. Pakan Ayam Ras Pedaging Masa Akhir (Broiler finisher). Standar Nasional Indonesia. SNI 01-3931-2006. Badan Standarisasi Nasional. Jakarta; 2.

Vita, Y. 2013. Tepung Cangkang Rajungan (Portunus Pelagicus) Sebagai Sumber Kalsium. Juristek. 2 (1): 185-194.


Article Metrics

Abstract view : 3340 times | PDF view : 338 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher Address :

Department of Agricultural Technology Education, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Makassar

Kampus UNM Parang Tambung, Jalan Daeng Tata Raya, Makassar, South Sulawesi, Indonesia 90224
Email: redaksijurnalptp@gmail.com
Website: http://ojs.unm.ac.id/ptp


INDEXED BY :

This journal is published under the terms of  Creative Commons Attribution 4.0 International License.