PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN ICE BREAKING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA
(1) Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Negara
(2) Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.59562/progresif.v1i2.29794
Abstract
Salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang guru dalam meningkatkan kompetensinya adalah kemampuan mengembangkan model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan ice breaking pada mata pelajaran Ilmu Penyakit dan Penunjang Diagnostik kelas XII AK 2 SMK Negeri 4 Negara semester 1 tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Ice breaking dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Hal ini ditandai dengan peningkatan keaktifan siswa yang sebelumnya cenderung pasif, mengalami peningkatan dalam keaktifannya di dalam kelas setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Ice Breaking. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah diadakan tindakan siklus I dan siklus II. Pada Siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa cukup rendah yaitu 70,97 dengan ketuntasan klasikal 56%. Hasil belajar siswa pada siklus II mengalami banyak peningkatan, yaitu nilai rata-rata kelas 80,49 dengan ketuntasan klasikal 94%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Febriandari, E. I. (2018). Pengaruh kreativitas guru dalam menerapkan ice breaking dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 3(4), 485–494.
Nisa, E. K., & Wulandari, F. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Self-Confident dan Hasil Belajar Siswa. Proceedings of the ICECRS, 2(1), 195–202.
Pipit Gantini & Dodo Suhendar. (2017). Penilaian Hasil Belajar. Erlangga.
Rahmi, R. (2018). Korelasi Kegiatan Ice Breaking dengan Motivasi Belajar Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran Tematik. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 8(2), 151–160.
Article Metrics
Abstract view : 475 times | PDF view : 164 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan
Jurnal Pendidikan dan Keguruan Index:
Published by:
Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
Address: Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Gedung EG 201, Kampus UNM Parangtambung, Jalan. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081355296513
Email: progresif@unm.ac.id
PROGRESIF: Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License