PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Ni Luh Dessy Wahyu Mariati(1*), Abdul Hajar(2),

(1) Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Negara
(2) Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/progresif.v1i2.29604

Abstract


Penelitian ini bertujuan 1) meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI AK 1 SMK Negeri 4 Negara melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning, 2) Mendeskripsikan respon peserta didik kelas XI AK 1 SMK Negeri 4 Negara terhadap penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada pembelajaran Ilmu Penyakit dan Penunjang Diagnostik. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI AK 1 SMK Negeri 4 Negara pada Semester I tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 25 orang. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus pembelajaran, dengan tahapan-tahapan dalam tiap siklus adalah perencanaan, tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Data hasil belajar peserta didik dikumpulkan melalui tes kognitif. Data respon peserta didik dikumpulkan melalui angket respon peserta didik. Data yang telah terkumpul tersebut, selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Hasil analisis menunjukkan: 1) terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar  peserta didik yaitu dari 74,60 dengan ketuntasan klasikal 72,00% pada siklus I menjadi 77,30 dengan ketuntasan klasikal 84,00% pada siklus II, serta 79,30 dengan ketuntasan klasikal 88,00% pada siklus III  2) Respon peserta didik kelas XI AK 1 terhadap penerapan model pembelajaran Problem Based Learning adalah sangat positip. Hal ini terlihat dari rata-rata skor respon peserta didik adalah 62,64 pada kategori sangat positif.

Keywords


Model Problem Based Learning, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Krulik, S., & Rudnick, J. A. (1995). The New Sourcebook for Teaching Reasoning and Problem Solving in Elementary School. A Longwood Professional Book. ERIC.

Nafiah, Y. N., & Suyanto, W. (2014). Penerapan model problem-based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(1).

Nilson, L. B. (2016). Teaching at its best: A research-based resource for college instructors. John Wiley & Sons.

Sukasno. (2002). Model Pembelajaran Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Trigonometri. Universitas Pendidikan Indonesia.

Suparno P. (2001). Filsafat konstruktivisme dalam pembelajaran. Kanisius.


Article Metrics

Abstract view : 97 times | PDF view : 23 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan

Jurnal Pendidikan dan Keguruan Index:

Published by:

Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Address: Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Gedung EG 201, Kampus UNM Parangtambung, Jalan. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081355296513

Email: progresif@unm.ac.id 

 

PROGRESIF: Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License