PENERAPAN CHATBOT KUIS MESSENGER PADA GOOGLE CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK

Mokhamad Hadi Wijaya(1*), Yuliati Hafid(2),

(1) Sekolah Menengah Kejuruan Telkom Sandhy Putra Malang
(2) Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/progresif.v1i2.29549

Abstract


Pemberian materi dan kuis khususnya pada pembelajaran dalam jaringan mata pelajaran pemrograman dasar dengan materi Pemorgraman Berorientasi Objek, sebagai media guru dalam penelitian ini yaitu tentang penerapan Chatbot Kuis dalam Platform Messenger. Penerapan platform dari Google Workspace Education pada SMKS Telkom Sandhy Putra Malang menggunakan Learning Management System Google Classroom untuk menyajikan materi Pemrograman Berorientasi Objek. Materi utama penyajian kuis pada chatbot adalah dari kurikulum Oracle Academy yaitu Java Foundation. Kuis diatur dalam tingkat/level dari mudah, sedang hingga sulit saat penyusunan soal untuk mengikuti kemampuan pengetahuan siswa dalam materi dasar. Materi juga disajikan dalam bentuk percakapan kepada siswa saat berinteraksi dengan chatbot ini. Penerapan chatbot pada pembelajaran diharapkan mampu membantu guru pengajar dalam penyajian materi dan pemberian kuis, siswa juga diharapkan dapat meningkatkan pemahaman terhadap materi pemrograman. Pengujian chatbot ini dari efektifitas dalam alat uji kualitas ISO 9126 tentang kualitas perangkat lunak menghasilkan persentase 100% akurat dalam membedakan level masing-masing siswa. Pengujian chatbot juga mendapat predikat sangat baik dan layak meski hanya meningkatkan sebesar 0,6 poin hasil ujian kelompok belajar konvensional. Ketika siswa berinterksi dengan chatbot, dapat meningkatkan sebesar 0,39 poin dari hasil pengerjaan postest pertamanya.

Keywords


google classroom, chatbot, facebook messenger, java foundation

Full Text:

PDF

References


Baiti, Z. N. (2013). Aplikasi chatbot “MI3” Untuk Informasi Jurusan Teknik Informatika Berbasis Sistem Pakar Menggunakan Metode Forward Chaining. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Hosanee, Y., & Panchoo, S. (2015). An Enhanced Software Tool To Aid Novices In Learning Object Oriented Programming (OOP). 2015 International Conference on Computing, Communication and Security (ICCCS), 1–7.

Iftakhar, S. (2016). Google Classroom: What Works And How. Journal of Education and Social Sciences, 3(1), 12–18.

Wijaya, M. H., Sarosa, M., & Tolle, H. (2018). Rancang Bangun Chatbot Pembelajaran Java Pada Google Classroom Dan Facebook Messenger. J. Teknol. Inf. Dan Ilmu Komput, 5(3), 287.


Article Metrics

Abstract view : 249 times | PDF view : 77 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan

Jurnal Pendidikan dan Keguruan Index:

Published by:

Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Address: Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Gedung EG 201, Kampus UNM Parangtambung, Jalan. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081355296513

Email: progresif@unm.ac.id 

 

PROGRESIF: Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License