PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Ni Komang Yuliani(1*), Edi Suhardi Rahman(2),

(1) Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Negara
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/progresif.v1i2.29505

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar serta mendeskripsikan keaktifan peserta didik kelas X AK 2 SMK Negeri 4 Negara melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran Konsep Dasar Keperawatan. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas X AK 2 SMK Negeri 4 Negara pada Semester I tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 25 orang. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus pembelajaran, dengan tahapan-tahapan dalam tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes kognitif. Data keaktifan peserta didik dikumpulkan melalui lembar observasi. Data yang telah terkumpul tersebut, selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Hasil analisis menunjukkan: 1) terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar yaitu dari 68,80 dengan ketuntasan klasikal 72,00% pada siklus I menjadi 76,80 dengan ketuntasan klasikal 80,00% pada siklus II, serta 78,80 dengan ketuntasan klasikal 88,00% pada siklus III  2) Keaktifan peserta didik kelas X AK 2 selama penerapan model pembelajaran Problem Based Learning sangat baik. Hal ini terlihat dari rata-rata skor keaktifan peserta didik setelah siklus tiga adalah 80,84 pada kategori aktif. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan peserta didik.


Keywords


Problem Based Learning, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Agung, A. A. G. (2010). Konsep dan Teknik Analisis Data Hasil Penelitian Tindakan Kelas. Singaraja: Fakultas Ilmu Pendidikan Undiksha Singaraja.

Amir, M. T. (2016). Inovasi pendidikan melalui Problem Based Learning. Prenada Media.

Gallagher, C. A., Monroe, H. M., & Fish, J. L. (2000). An iterative approach to classification analysis. Journal of Applied Statistics, 29, 256–266.

Hamalik, O. (2001). Proses belajar mengajar.

Nafiah, Y. N., & Suyanto, W. (2014). Penerapan model problem-based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(1).

Rerung, N., Sinon, I. L., & Widyaningsih, S. W. (2017). Penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik SMA pada materi usaha dan energi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), 47–55.

Sanjaya, W. (2019). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan.

Sudjana, N. (2006). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru. Algesindo Offset.

Sugiyanto. (2009). Model-model Pembelajaran Inovatif. Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13 FKIP UNS.

Sukasno. (2002). Model Pembelajaran Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Trigonometri. Universitas Pendidikan Indonesia.

Wijayanto, M. (2009). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning dan Cooperative Learning terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2008/20. UNS (Sebelas Maret University).


Article Metrics

Abstract view : 1491 times | PDF view : 329 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan

Jurnal Pendidikan dan Keguruan Index:

Published by:

Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Address: Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Gedung EG 201, Kampus UNM Parangtambung, Jalan. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081355296513

Email: progresif@unm.ac.id 

 

PROGRESIF: Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License