PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA

Asniyati Asniyati(1*), Nur Rismawati Kusuma(2),

(1) Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Simpang Empat
(2) Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/progresif.v1i2.29477

Abstract


Menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan tidak membosankan pada saat Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) secara daring tentunya tidak mudah hal ini dibuktikan dengan diciptakannya keragaman dalam metode, model/strategi pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa guna menunjang efektifitas dan peningkatan mutu pembelajaran terutama saat daring. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model Problem Based Learning, (2) Meningkatkan keaktifan, dan (3) meningkatkan hasil belajar siswa terhadap materi Pertumbuhan dan Perkembangan Usia Remaja. Penelitian ini menggunakan teknik Penelitian Tindakan Kelas deskriptif komparatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII Asisten Keperawatan A berjumlah 32 siswa. Prosedur penelitian tindakan kelas berupa perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes (ulangan). Analisis data menggunakan teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian di kelas diperoleh peningkatan hasil pembelajaran yang dibuktikan pada hasil penelitian antara siklus I dan siklus II  secara daring serta siklus III secara luring terbukti mengalami peningkatan yang signifikan pada pembelajaran dengan menggunakan model Pembelajaran Problem Based Learning. Berdasarkan hasil observasi keaktifan siswa diperoleh informasi bahwa adanya peningkatan dalam aktivitas listening, oral, emotional, visual, writing, motor, mental, dan visual. Hal ini menunjukkan bahwa siswa mulai memberikan respon yang positif terhadap pelajaran secara daring yang diikutinya melalui fitur breakout room.

Keywords


Model PBL, Keaktifan, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Chairunnisa, D., Afriatin, T. S., & Firmansyah, M. I. (2020). Implementasi Permendikbud No. 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Dalam Pembelajaran Pai Di Smp Inovatif Al-Ibda’. Taklim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 18(1), 53–64.

Giarti, S. (2015). Peningkatan keterampilan proses pemecahan masalah dan hasil belajar matematika menggunakan model pbl terintegrasi penilaian autentik pada siswa kelas vi sdn 2 bengle, wonosegoro. Prosiding Seminar Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis, 1(1).

Gunantara, G., Suarjana, I. M., & Riastini, P. N. (2014). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V. Mimbar PGSD Undiksha, 2(1).

Muliartini, G. A. A. P. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Aplikasi Google Classroom Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Hindu Dan Budi Pekerti Pada Masa Pandemi Covid-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3v).

Reinsini, C. E., Susila, I. W., & Cholik, M. (2021). Application of Problem-Based Learning to Enhance Students Learning Outcomes in Basic Competencies of Maintaining Brake Systems. International Journal for Educational and Vocational Studies, 3(2), 139–145.

Saefuddin, A., & Berdiati, I. (2014). Pembelajaran efektif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sisdiknas, U. (2003). UU No. 20 tahun 2003. Departemen Agama RI, Jakarta.

Suprihatiningrum, J. (2013). Strategi pembelajaran teori dan aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.


Article Metrics

Abstract view : 740 times | PDF view : 167 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan

Jurnal Pendidikan dan Keguruan Index:

Published by:

Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Address: Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Gedung EG 201, Kampus UNM Parangtambung, Jalan. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081355296513

Email: progresif@unm.ac.id 

 

PROGRESIF: Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License