PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR

Made Jayahartwan(1*), Sudirman Sudirman(2),

(1) Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Tabanan
(2) Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Gowa
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/progresif.v1i2.29334

Abstract


Dalam pembelajaran produktif TKR di SMK Negeri 3 Tabanan, pembelajaran masih berpusat pada guru sehingga keterlibatan siswa dalam proses mengkonstruksi pemahaman dengan alur berpikirnya sendiri masih kurang. Tujuan yang ingin dicapai melalui penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII TKR SMK Negeri 3 Tabanan pada materi pemeliharaan kelistrikan system penerangan lampu kepala melalui implementasi model pembelajaran Problem based learning (PBL). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. PTK ini dilaksanakan dalam 3 siklus, dengan tahapan kegiatan setiap siklusnya meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah 1) tes teori bagi siswa yang dikemas dalam model tes lisan dan tes tertulis, 2) tes praktek dengan lembar observasi kemampuan praktek siswa terkait dengan indikator hasil belajar siswa yang tertera pada silabus materi ajar, 3) angket persepsi siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran dengan metode PBL dapat meningkatkan hasil belajar pada materi perawatan kelistrikan sistem penerangan lampu kepala bagi kelas XII TKR SMK Negeri 3 Tabanan.

Keywords


Model Pembelajaran, Problem based learning, Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Andayani, M. S. L., Suarni, N. K., & Jampel, I. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Komunikasi Ditinjau Dari Sikap Kemandirian Mahasiswi Prodi D Iii Kebidanan Undiksha. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 9(2), 106–113.

Kristianto, H., & Hudaya, T. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) dalam Mata Kuliah Manajemen Limbah 3.

Sodikin, C. (2002). Pembelajaran Terpadu Model Webbed Dengan Tema Kebutuhan Sehari-Hari. Universitas Pendidikan Indonesia.

Sudjana, N. (1995). Penilaian hasil proses belajar mengajar.

Suharsimi, A. (2013). Dasar-dasar evaluasi pendidikan edisi 2. Jakarta PT Bumi Aksara.

Wastono, F. X. (2015). Peningkatan kemandirian belajar siswa SMK pada mata diklat teknologi mekanik dengan metode problem based learning. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 22(4), 396–400.


Article Metrics

Abstract view : 242 times | PDF view : 127 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan

Jurnal Pendidikan dan Keguruan Index:

Published by:

Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Address: Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Gedung EG 201, Kampus UNM Parangtambung, Jalan. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081355296513

Email: progresif@unm.ac.id 

 

PROGRESIF: Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License