PERILAKU MENYIMPANG SANTRI REMAJA PUTRI DI PONDOK PESANTREN DDI LIL-BANAT PAREPARE

Rosita Rosita(1*), Musdaliah Mustadjar Mustadjar(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) 
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan bentuk-bentuk perilaku menyimpang santri remaja putri dan bentuk pengendalian sosial yang dilakukan oleh pihak pesantren dalam mengendalikan perilaku menyimpang. Teori yang digunakan adalah teori sosialisasi, teori perilaku menyimpang, dan kontrol sosial

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan mengambil lokasi penelitian di Pondok Pesantren DDI Lil-Banat Parepare, Kecamatan Soreang, Kota Parepare, Provinsi Sulawesi Selatan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Snowball Sampling dilanjutkan Purposive Sampling dengan 6 orang santri dan 2 orang pembina, adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya analisis data dilakukan dengan tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk perilaku menyimpang santri remaja putri di pondok pesantren ini adalah perilaku melanggar tata tertib pondok seperti mencuri, tidak meminta izin keluar ponpes, tidak mengikuti pengajian dan shalat berjamaah di mesjid. Faktor penyebab perilaku menyimpang yakni ketidakharmonisan keluarga, kebutuhan ekonomi, pola hidup di asrama dan pengaruh dari luar pondok pesantren. Selanjutnya bentuk pengendalian perilaku menyimpang (kontrol sosial) yang dilakukan oleh pihak pondok pesantren adalah pengendalian preventif dan pengendalian represif.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 56 times | PDF view : 133 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prgram Studi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar

Jl. A. P. Pettarani, Makassar, 90222

Telp/Fax. 0411-885105

Email: [email protected]