EKSPRESI GAYA HIDUP PECINTA BUDAYA JEPANG PADA KOMUNITAS WIBU DI KOTA MAKASSAR

Putri Indah Ramadhan(1*), Sopian Tamrin(2),

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/predestinasi.v16i1.63168

Abstract


Gaya hidup secara universal dikenal sebagai cara seseorang dalam mengekspresikan tingkah lakunya dan menunjukkan dilingkungannya seperti apa, Kali ini Gaya Hidup yang lebih mengarah ke jepang dibandingkan dengan yang asli dan lokal, Masyarakat cenderung lebih menyukai budaya Jepang dibandingkan dengan masyarakat lokal yang memperhatikan bagaimana orangnya. yang termasuk dalam tindakan atau tingkah laku masyarakat jepang menunjukkan betapa besarnya pengaruh budaya jepang terhadap pola pikir masyarakat yang tergabung dalam komunitas wibu, diharapkan mereka lebih mencintai budaya lokal dibandingkan jepang dan daripada mengkritik budaya lokal mereka. akan membantu dan memperbaikinya sesuai keinginan mereka di Jepang


Keywords


wibu, komunitas, gaya hidup

Full Text:

PDF

References


Adhitama, L. (2021). Identity Construction of Otaku and Weeaboo through Manga and Anime. K@ ta Kita, 9(3), 436-443.

Aisyah, Ida. 2019. ANIME DAN GAYA HIDUP MAHASISWA (Studi pada

Alamysah, M. R. N. (2022). PENGARUH ANIME CULTURE JEPANG TERHADAP GAYA HIDUP KAUM MUDA URBAN DI INDONESIA (Doctoral dissertation, FISIP UNPAS).

Blanc, Le Michelle, and Colin Odell.2013. Anime. Kamera.

Candrika, A., Pandin, M. G. R., Ilham, V., & Naufal, A. (2021). THE INFLUENCE OF ANIME ON THE EXISTENCE OF INDONESIAN LANGUAGE AND LITERATURE.

Cavallaro, D. (2013). Japanese Aesthetics and Anime: The Influence of Tradition.

Dawson, E. Murell and Chatman, Elfreda A. (2001) "Reference group theory with implications for information studies: a theoretical essay." Information Research, 6(3) Available at: http://InformationR.net/6-3/paper105.html

Eng, L. (2012). Anime and Manga fandom as networked culture. In Fandom unabound : otaku culture in a connected world. New Haven, CT: Yale University Press.

Hendariningrum, R., & Susilo, M. E. (2014). Fashion dan gaya hidup: identitas dan komunikasi. Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 25-32.

Hidayat, Debra dan Hidayat, Z. (2020). Anime as Japanese Intercultural Communication : A Study of The Weaboo Community of Generation Z and Y.

Juwita, E. P., Budimansyah, D., & Nurbayani, S. (2015). Peran media sosial terhadap gaya hidup siswa. SOSIETAS, 5(1).

Kotler, Philip. 1990. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Jakarta: Erlangga.

Lacuesta, J., & Fallon, K. (2020). The Weeaboo Subculture: Identification and Performance. Tourism Research, 11(3), 343-352.

Lim, T. W., Lim, W. X., Ping, X., & Tseng, K. H. Y. (2016). Globalization, consumption and popular culture in East Asia. World Scientific.

Lu, Sen, and Rong Zhang. “The Influence of Japanese Anime on the Values of Adolescent.” Proceedings of the 2019 4th International Conference on Humanities Science and Society Development (ICHSSD 2019), 2019, https://doi.org/10.2991/ichssd-19.2019.54.

Mahasiswa yang Tergabung dalam Komunitas Japan Freak UIN Jakarta). Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Jakarta.

MANGA FANDOM) (Studi Tentang Kelompok Penggemar Manga Online di Kalangan Remaja Kota Surabaya dari Perspektif Cultural Studies). Skripsi. Surabaya: Universitas Airlangga

McFarland.

Nando, A., MS, D., & Wulandari, S. (2022). ANALISIS IDENTITAS BUDAYA POPULER JEPANG TERHADAP KOMUNITAS ANIME PALEMBANG. Jurnal Komunikasi Dan Budaya, 3(1), 12-19.

Proborini, A., Hamzah, H., & Muflih, M. (2017). Hubungan Menonton Animasi Jepang (Anime) Dengan Konsep Diri Remaja Di Komunitas Atsuki Yogyakarta.

Purfitasari, S. (2009). Gaya hidup penggemar manga dan anime (studi tentang mahasiswa penggemar manga dan anime di Universitas Sebelas Maret Surakarta).

Ritzer, G. 2007. Sosiologi Ilmu Pengetahuan Beparadigma Ganda. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Saniyah, Atus. (2011) KELOMPOK PENGGEMAR MANGA ONLINE.

Sari, Karlina M. 2009. Peran Library Lovers Club (LLC) dalam Mengembangkan Perpustakaan Sekolah di SMAN 49 Jakarta. Skripsi. Jakarta : Universitas Indonesia.

Sya'dian, T. (2016). Bunkasai, Kajian Semiotika Budaya Kontemporer Dari Pengaruh Film Jepang. PROPORSI: Jurnal Desain, Multimedia dan Industri Kreatif, 2(1), 35-47.


Article Metrics

Abstract view : 114 times | PDF view : 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.