Peran Guru Sebagai Fasilitator dalam Pembelajaran Daring di SD Inpres Cambaya IV Makassar

Febrianti Rasyid .(1), Mario Manra .(2), Muhammad Syukur .(3*),

(1) UNM
(2) UNM
(3) Unm
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/predestinasi.v15i2.40120

Abstract


ABSTRAK

Febrianti Rasyid, 2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana peran guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran daring di SD Inpres Cambaya IV Makassar. 2) Faktor yang menjadi penghambat guru dalam melaksanakan perannya sebagai fasilitator selama pembelajaran daring di SD Inpres Cambaya IV Makassar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah informan sebanyak 6 orang. Adapun kriteria informan dipilih dan disesuaikan dengan kebutuhan penelitian sehingga peneliti dapat mengetahui bagaimana peran guru sebagai fasilitator selama pembelajaran daring. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan deskriptif kuantitatif melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru telah berusaha untuk melaksanakan perannya sebagai fasilitator selama proses pembelajaran daring dengan menyediakan fasilitas untuk mendukung keberhasilan pembelajaran daring, memberikan berbagai metode pembelajaran, menyediakan beberapa media selama pelaksanaan pembelajaran daring. Selama melaksanakan perannya tersebut guru menemukan berbagai kendala yang dapat menghambat kelangsungan pembelajaran daring seperti jaringan internet yang tidak stabil, penggunaan kuota internet yang banyak dan mahal, murid tidak memiliki smartphone, orang tua yang belum terbiasa mendampingi anaknya dalam pembelajaran daring.


Keywords


Kata Kunci: Pembelajaran daring, guru, fasilitator

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Albitar, S. . (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5, 31–34.

Arfandi. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran PAI di Sekolah. Jurnal Studi Pendidikan Dan Pedagogi Islam, 5.

Contesa. (2019). Hubungan Orang Tua Dengan Minat Belajar Siswa Pada Masa Covid-19.

Djamarah, S. B. (2010). Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif (suatu pendekatan teoritis psikologis). Rineka Cipta.

Minsih, & Galih, A. (2018). Peran Guru Dalam Pengolahan Kelas. Profesi Pendidikan Dasar. 5.

Subkhan, E. (2016). Sejarah dan Paradigma Teknologi Pendidikan untuk Perubahan Sosial (1st ed.). Kencana.

Susilo, & Dwi, R. K. (2008). 20 Tokoh Sosiologi Modern: Biografi para peletak Sosiologi Modern. AR-Ruzz Media.

Zairin. (2018). Peran Guru Dalam Pengembangan Karakter Pembelajaran. Jurnal Georafflesia. Georafflesia, 3.


Article Metrics

Abstract view : 98 times | PDF view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.