PERSEPSI PETANI MILENIAL TERHADAP TRADISI MAPPAMMULA ASE (PANEN PERTAMA) DI DESA TOSORA KECAMATAN MAJAULENG KABUPATEN WAJO

Asriyandi .(1*), Idham Irwansyah Idrus(2), Abdul Rahman .(3),

(1) Sosiologi
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UNM
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/predestinasi.v15i2.40118

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Perubahan  yang Terjadi Pada Tradisi “Mappammula Ase” di Desa Tosora Kecamatan Majauleng Kabupaten Wajo. (2) Persepsi Petani Milenial Terhadap Tradisi “Mappammula Ase” di Desa Tosora Kecamatan Majauleng Kabupaten Wajo.. Penelitian ini di lakukan di Desa Tosora yang terletak di Kabupaten Wajo Sulawesi Selatan. Metode penelitian yang digunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Hasil penelitian ini menyimpulkan 2 hal yakni, (1) Perubahan yang dilakukan masyarakat dalam tradisi Mappammula Ase terjadi Seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta modernisasi membuat banyak perubahan yang terjadi dalam tradisi Mappammula Ase seperti penentuan hari, perubahan dari segi cara atau proses Mappammula Ase dan partisipasi masyarakat. (2) Persepsi Masyarakat Terhadap Tradisi Mappammula Ase sangat bervariatif.  Berbagai persepsi tersebut dituangkan tergantung dari sudut pandang mereka menilainya. Ada yang mengemukakan bahwa tradisi tersebut merupakan warisan leluhur sehingga kita sebegai generasi milenial harus mempertahankannya asalkan tidak bertentangan dengan agama, ada juga yang mengemukakan bahwa tersebut tidak ada manfaatnya karena ketika ingin menghormati dan mendoakan leluhur cukup berdoa melalui tuhan dan jika kita ingin mendapatkan pendapatan yang lebih cukup berusaha lebih jangan hanya percaya mitos.

Kata Kunci: Tradisi Mappammula Ase, Bugis, Petani Milenial


Keywords


Kata Kunci: Tradisi Mappammula Ase, Bugis, Petani Milenial

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Hanurawan, F. (2010). Psikologi Sosial suatu pengantar. bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Hasanuddin Ali, L. P. (2017). Millenial Nusantara. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Jauhari, I. B. (2014). Sosiologi Untuk Perguruan Tingg. Jember: Stain Jember Press.

Latifah, M. (2007). Persepsi dan Ekspektansi Terhadap Profesi Psikologi (Penelitian. skripsi.

Liu dan Madiono. (2013). Pengelolaan dan Pengembangan Usaha Horikultural pada PT. Horti Bima Internasional. Skripsi.

Musmuliadi. (2018). Perbandingan Sistem Tanam Pindah (TAPIN) dan Sistem Tanam Benih (TABELA) Terhadap Pendapatan Usahatani Padi . Skripsi, 63.

Nasruddin. (2017). Tradisi "Mappamula" (Panen Pertama) pada Masyarakat Bugis Tolotang di Sedenreng Rappang (kajian Antropologi Budaya). Rihlah, 3.

Nirwana. (2019). Perspepsi Masyarakat Terhadap Upacara Adat maddoa' di Dusun Kaju Bulo Kecamatan Maiwa Kabupaten Enrekang. Skripsi, h.12.

Nurfadillah, S. (2014). Persepsi Masyarakat terhadap Tradisi. Skripsi, 25.

Ohoirenan, M. (2021). Persepsi Masyarakat Tentang Tradisi Maren Di Desa Tam. Skripsi, 23.

Padlan, R. H. (2019). Pengelolaan Harta Wakaf Produktif dalam Menciptakan Kesejahteraan Masyarakat di desa Tosora Kabupaten Wajo. Skripsi, 53.

Papp R, M. E. (2011). Negotiating the deal: using technologyto reach the. J Behav Stud Bu, 1-12.

Pratomo, S. (2010). Analisis Peran Sektor Pertanian Sebagai Sektor Unggulan di Kabupaten Boyolalitahun 1998-2008. Skripsi.

Purwaningsi, w. (2019). Pengaruh Tingkat Pendidikan Terhadap Minat Pemuda Usia 21-30 Tahun pada Sektor Pertanian di Kecamatan Kalori Kabupaten Rembang Tahun 2019. skripsi, 23.

Yulita, R. B. (2017). Perilaku Sosial Ekonomi Petani Pedesaan Menghadapi Modernisasi Pertanian di desa Karanggitung Kecamatan Gandrungmangu Kabupaten Cilacap. Skripsi, 8.


Article Metrics

Abstract view : 175 times | PDF view : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.