INTERAKSI MAHASISWI BERCADAR FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

A. Bayu Aslam Alfatur(1*), Idham Irwansyah Idrus(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/predestinasi.v14i2.29721

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini latarbelakangi maraknya penggunaan cadar bagi perempuan yang bisa kita lihat di jalan, kampus, mall-mall besar ataupun di tempat-tempat umum lainnya. Cadar belum sepenuhnya bisa di terima dalam lingkungan msyarakat yang dibuktikan dengan banyak stigma negatif terhadap perempuan bercadar.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mendorong mahasiswi di fakultas ilmu sosial menggunakan cadar dan  bentuk interaksinya. Lokasi penelitian di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar yang dijadikan subjek penelitian adalah mahasiswi bercadar yang ada di Fakultas Ilmu Sosial sebanyak 8 orang dari beberapa jurusan yang berbeda dengan menggunakan teknik purfosive sampling. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan observasi kemudian data dianalisis menggunakan metode kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian akan dijelaskan  faktor-faktor yang mendorong mahasiswi di Fakultas Ilmu Sosial memakai cadar yang terdiri dari faktor internal: Perintah agama,  pengetahuan dan individu. Faktor eksternal: lingkungan institusi, teman sebaya. Sementara bentuk interaksinya asosiatif dan disosiatif

 

 


 


Keywords


Kata Kunci: Mahasiswa bercadar, faktor pendorong dan interkasi.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abdul mum’im Kholim,’’ Cadar Warisan Budaya Bukan Agama’’, Internet

Abdulsyani. 2007. Sosisologi Skematika, Teori, dan Terapan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Akhyar, Y. Lubis. 2014. Postmodernisme teori dan motode. Cetalan ke 2. Jakarta: Rajagrafindo persada.

Alif F. Rahman dan Muhammad Syakiq. Motivasi, Stigma Dan Coping Stigma Pada Perempuan Bercadar Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan 2017, vol 7, No.2.

Arti kata cadar. Kamus Besar Bahasa Indonesia(KBBI) Online’’. kbbi.web.id.Internet

Daftas pustaka lain:

Doyle Paul Johnson.1986. Teori Sosiologi Klasik Dan Modern. Jakarta: PT Gramedia.

Dwiana Ignattius, ‘’Demografi Agama Menunjukkan Pluralitas Indonesia’’. Internet

George, Ritzer.2014 . Sosiologi ilmu pengetahuan berpadigma ganda, edisi 1 cetakan 11. Jakarta: Rajawali Pers.

Hendropuspito D. Sosiologi Agama. (Yogyakarta: penerbit kanisus, 2004) cetakan ke 22

I .B Wirawan.2012. Teori-Teori Sosial Dalam Tiga Paradigma. Jakarta: Prenadamedia Group.

Jurnal. Lintan Ratri. Cadar Media Dan Identitas Perempuan Muslim.

Muhammad Supraja. Alfred Schutz: Rekonstruksi Teori Tindakan Max Weber Jurnal Pemikiran Sosiologi Volume 1 No. 2 November 2012.

Mulyana, Dedy.2008. Metodologi Penelitian Kualitatif Pradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya.Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA

Musyfikah ilyas. Memaknai fashion dalam hukum islam jurnalvol. 5/ No. 1/ Juni 2016.

Muthahhari, Murthadha.2015. Teologi Dan Falsafa Hijab. Yogyakarta: RausyanFirk Istitute.

Mutiara Sukma Novri.(Konstruksi Makna Cadar Oleh Wanita Bercadar Jamaah Pengajian Masjid Umar Bin Khattab Kelurahan Delima Kecamatan Pekanbaru).

Panduan Universitas Negeri Makassar 2017/2018. Badan Penerbit: UNM.

Selamat Datang Mahasiswa Baru Universitas Negeri Makassar. 2013. Badan Penerbitt:UNM.

Setiadi, M. Elli dan Usman colib.2011. Pengantar Sosiologi Pemahaman Fakta Dan Gejala Sosial: Teori, Aplikasi, dan Pemecahannya . Ed.1, Cet 2; xvi, 960. Jakarta: Kencana.

Shihab M. Quraish. 2004. Jilbab Pakaian Wanita Muslimah. Jakarta : Lentera Hati.

Soekanto, Soerjono dan Budi Sulistyowati.2013. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.

Tia Rahmawati Dewi,’’ Persepsi Negatif Terhadap Perempuan Bercadar Hitam’’.Internet

Wiga Rahayu. Profil Wanita Bercadar (Studi Kasus Wanita Salafi di Kelurahan Tangkerang Timur Kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru)

Zuriah, Nurul. 2009. Metode penelitian Sosial dan Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.


Article Metrics

Abstract view : 170 times | PDF view : 24 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.