DAMPAK PENGGUNAAN SMARTPHONE TERHADAP HARMONISASI DALAM KELUARGA DI KELURAHAN BIRING ROMANG MAKASSAR

Saugy Dwi Hananto(1*), Ashari Ismail(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/predestinasi.v13i1.22760

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bentuk komunikasi di dalam keluarga yang berada di Kelurahan Biring Romang Kota Makassar. (2) Dampak yang ditimbulkan akibat penggunaan smartphone di dalam keluarga di Kelurahan Biring Romang Kota Makassar.

 

Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menentukan subjek penelitian melalui teknik Purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara serta dikumentasi yang digunakan dalam memperoleh data secara konkret yang berkaitan dengan permasalahan dalam penelitian ini. Data yang diperoleh dalam penelitian ini di analisis dengan cara analisis deskriptif kualitatif.

 

Hasil dari penelitian menunjukan bahwa: ada dua bentuk komunikasi pada keluarga yang tinggal di Kelurahan Biring Romang Kota Makassar, yaitu (1) komunikasi secara langsung. (2) komunikasi tak langsung. Sedangkan dampak yang ditimbulkan akibat penggunaan smartphone ada 2, yaitu (1) berkurangnya interaksi dalam keluarga. (2) perubahan perilaku pada anak, yaitu sering menunda perintah orang tua.

 

Kata Kunci : Keluarga, Komunikasi, Smartphone


 

ABSTRACT

 

This research aims to find out (1) the form of communication within family in the Biring Romang Village, Makassar City (2) the impact caused by use of smartphones in families in the Biring Romang village , Makassar City.

This type of research is qualitative research by determining the research subject through purposive sampling technique. The data collection used were observation, interview and documentation used in obtaining concrete data related to the problems in this research. The data obtained in this study were analyzed by means of qualitative descriptive analysis.

The results of the study show that: There are two forms of communication to families who live in the Biring Romang Village, Makassar City, namely (1) direct communication. (2) indirect communication. Meanwhile, there are 2 impacts due to the use of smartphones, namely (1) reduced interaction within the family. (2) changes in behavior in children, namely often delaying parental orders.

 

Keywords : Family, Communication, Smartphone


Keywords


Kata Kunci : Keluarga, Komunikasi, Smartphone

References


DAFTAR PUSTAKA

Bungin Burhan. 2006. Sosiologi Komunikasi :Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat. Jakarta: Kencana.

Bungin Burhan. 2013. Metodologi Penelitian Sosial Dan Ekonomi: Format-Format Kuantitatif Dan Kualitatif Untuk Studi Sosiologi, Kebijakan Publik, Komunikasi, Manajemen, Dan Pemasaran. Jakarta: Kencana.

Chuzaimah. 2010. Smartphone: Antara kebutuhan dan E-Lifestyle. Jurnal Online. Solo: Universitas Muhammadiyah Solo (diakses pada tanggal 24/10/19 jam 11.30 WITA)

Eka, Gufron. 2017. Pengaruh Penggunaan Smartphone terhadap aktivitas Belajar Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 7 Yokyakarta.Jurnal Online.Yokyakatra: Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. (diaksestanggal 24/10/19 jam 11.06 WITA)

Fitrah, Muh. & Luthfiyah. 2017. Metodologi Penelitian: Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & StudiKasus. Jawa Barat: Jejak.

Gunawan, Imam. 2015. Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Idrus, Muhammad. 2009. Metode Penelitian Ilmu Sosial: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Ed. 2.Jakarta: Erlangga.

Irma yani.2018. Harmonisasi Keluarga Pasangan Suami Istri yang tidak Memiliki Keturunan Di Desa Bangun Jaya Kecamatan Tambusai Utara Kabupaten Rokan Hulu.Jurnal Online. Pekanbaru: Universitas Bina Widya (diakses pada tanggal 24/10/2019 jam 12.48 WITA)

J, Diamati Lexy & Meleong. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Khairul. Skripsi, Dampak Smartphone dalam interaksi sosial di lingkungan keluarga (Studikasus di Kecamatan Enrekang Kabupaten Enrekang).Sosiologi.Universitas Negeri Makassar: Makassar.

Muriyusuf.2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan Penelitian Gabungan.Cetakan keempat. Jakarta: penerbit kencana.

Ratuliu Mona. 2017. Digital ParenThink: Tips Mengasuh Kids Zaman Now. Jakarta: Mizan Media Utama.

Ritzer, George. 2008. Teori Sosiologi Modern. Jakarta: Prenada Media Grup.

Sugiyono.2015. Metode Penelitian Pendidikan:Pendekatan Kuantitatif Dan Kualitatif. Bandung:Alafabet.

Suhendro, Jeannetta L. 2015. Love = Time + Attention, Membangun Bangsa Melalui Keluarga. Jakarta: Grasindo.

Syarbaini, Syahrial. 2009. Dasar Dasar Sosiologi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Waluya, Bagja. 2007. Sosiologi: Menyalami Fenomena Sosial Di Masyarakat. Setia Purna Inves: Bandung.

Wirawan. 2014. Teori-Teori Sosial Dalam Tiga Paradigma. Jakarta: Prenadamedia.

Yigibalom, Leis. 2013. Peranan Interaksi Anggota Keluarga Dalam Upaya Mempertahankan Harmonisasi Keluarga Di Desa Kumuluk Kecematan Tiom Kabupaten Lanny Jaya.Jurnal Online. Manado: Universitas Sam Ratulangi (diaksestanggal 6/11/2019 jam 14.00 WITA.

Yusuf, Muri.2017. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif Dan Penelitian Gabungan. Cetakan ke-4. Jakarta:


Article Metrics

Abstract view : 86 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.