PERUBAHAN SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT NELAYAN PASCA ALOKASI BANTUAN DANA DESA CILELLANG KECAMATAN MALLUSETASI KABUPATEN BARRU

Muh. Sayful ,(1), Idham Irwansyah Idrus(2*), Mario S.M ,(3),

(1) Program studi sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial Dan Hukum, Universitas Negeri Makassar
(2) Program studi sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial Dan Hukum, Universitas Negeri Makassar
(3) Program studi sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial Dan Hukum, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/prd.v4i2.44657

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana bentuk bantuan dari alokasi dana desa kepada masyarakat nelayan di Desa Cilellang Kecamatan Mallusetasi Kabupaten Barru,(2) Bagaimana bentuk perubahan sosial ekonomi masyarakat nelayan setelah mendapatkan bantuan dari alokasi dana Desa Cilellang Kecamatan Mallusetasi Kabupaten Barru. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Dimana penentuan subjek dengan teknik purposive sampling.Tehnik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi yang digunakan untuk memperoleh data secara konkrit yang berkaitan langsung pada masalah dalam penelitian ini.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Masyarakat nelayan telah mengalami perubahan dari segi aktivitas nelayannya yang lebih dipermudahkan berkat bantuan yang didapatkan dari alokasi dana desa  disisi lain membawa perubahan besar dalam aspek sosial ekonominya, (1) Pendapatan, yang makin meningkat setelah mendapatkan bantuan dari alokasi dana desa Cilellang (2) Masyarakat nelayan di desa cilellang dengan adanya perubahan dari segi ekonomi yang sudah meningkat sehingga mereka mampu menyekolahkan anaknya ke jenjang yang lebih tinggi lagi (3) status sosial masyarakat nelayan yang dulunya masih berada pada lapisan bawah kini sudah mampu bangkit, dan keberadaannya di tengah tengah masyarakat kini sudah dapat dianggap. (4) Masyarakat nelayan yang telah berfikir untuk mengalokasikan Sebagian pendapatan yang mereka peroleh. kemudian digunakan untuk kebutuhan Pendidikan anaknya ataupun dihari tuanya.

 

Kata Kunci : Perubahan sosial ekonomi Masyarakat Nelayan, bantuan nelayan Dan Penggunakan Alat Modern.

 


Keywords


Kata Kunci : Perubahan sosial ekonomi Masyarakat Nelayan, bantuan nelayan Dan Penggunakan Alat Modern.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Gusti Ayu Yogi Iswari, I, Luh Indrayani, dan Kadek Rai Suwena. 2019. “Pemberdayaan Masyarakat Pesisir Dalam Upaya Meningkatkan Ekonomi Di Dusun Pangkung Dedari, Desa Melaya, Kecamatan Melaya.” Pendidikan Ekonomi 11 (2): 509–16.

Husen, Ishak. S. 2004. “Dinamika Perubahan Sosial Masyarakat Nelayan dalam Menigkatkan Taraf Hidup di Kelurahan Mafututu Kota Tidore Kepulauan. HOLISTIK, Journal Of Social and Culture -

Imron, Masyhuri. 2003. “Kemiskinan Dalam Masyarakat Nelayan.” Jurnal Masyarakat Dan Budaya 5 (1): 63–82. Https://Doi.Org/10.14203/Jmb.V5i1.259.

Ketut Arwana, B Purama. 2016. “Dampak Bantuan Perikanan Tangkap Terhadap Peningkatan Nelayan Di Kabupaten Gianyar Provinsi Bali” 4: 9.

Naim, Armain. 2011. “Analisis karakteristik transformasi industri penangkapan dalam komunitas masyarakat nelayan (Studi kasus masyarakat nelayan di Desa Panambuang Kab. Halmahera Selatan Provinsi Maluku Utara).” Agrikan: Jurnal Agribisnis Perikanan 4 (2): 22–37. https://doi.org/10.29239/J.AGRIKAN.4.2.22-17.


Article Metrics

Abstract view : 63 times | PDF view : 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.