Fenomena Brand di Kalangan Mahasiswa Universitas Muslim Indonesia

Awaluddin . ,(1*), Mario s.m ,(2), M. Ridwan Said Ahmad(3),

(1) Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Dan Hukum Universitas Negeri Makassar.
(2) Universitas Negeri Makassar.
(3) Universitas Negeri Makassar.
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/prd.v3i1.36201

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh stratifikasi sosial terhadap penilaian sebuah brand, dilingkungan kampus Universitas Muslim Indonesia, Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan penentuan subjek penelitian melaluai teknik Purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang di gunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi, yang di gunakan untuk memperoleh data secara konkret yang berkaitan dengan permasalahan dalam penelitian ini. Data yang di peroleh dalam penelitian ini di analisis dengan analisi deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa: pengaruh stratifikasi sosial adalah (a) ukuran materi brand, kebanyakan mahasiswa memiliki materi yang cukup dalam memilih dan membeli suatu barang yang memiliki nama atau brand yang terkenal. (b) ukuran kualitas brand, hampir rata – rata masih kurang pede untuk bergaul dengan mahasiswa lainnya yang memiliki brand ternama. Mahasiswa yang berada pada golomgan menengah dan bawah lebih memilih barang yang kwalitasnya hampir sama dengan aslinya. (c) ukuran budaya, yang dimaksud disini adalah  kebanyakan mahasiswa menganggap ketika dirinya belum memiliki barang yang sedang trand saat ini dirinya merasa sangat ketinggalan jaman atau kuno.


 


Keywords


Kata kunci : Brand, Kampus , Stratifikasi sosial

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Hendroyono, Handoko. 2013. Brand Gardener : Edisi Tumbuh dan Berkembang.

Jakarta : Literati

Masniari, Amelia. 2009. Miss Jinjing: Belanja Sampai Mati. Jakarta: Gagas Media.

Sangaji, M.Si.,Dr. Etta Mamang & Dr. Sopiah, MM.,M.Pd. 2013. Perilaku Kmsumen: Pendekatan Praktis. Yogyakarta: Andi.

Soekanto, Soerjono. 2013. Sosiologi sebagai suatu pengantar. Jakarta: Rajawali Pers.

Soedjatmiko, Haryanto. 2008. Saya Berbelanja Maka Saya Ada. Yogyakarta: Jalasutra.

Suyanto, Dr. Bagong. 2013. Sosiologi Ekonomi: Kapitalisme dan Komsumsi di Era Masyarakat Post – Modernisme. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. 2017. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sztomka, Piotr. 2007. Sosiologi Perubahan Sosial. Jakarta: Prenada

Zuriah, N. 2009. Metodologi penelitian sosial pendidikan teori-aplikasi. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Armawi, Armaidy. 2011. Eksistensi Manusia Dalam Filsafat Soren Kierkegaard.

Jurnal Filsafat, 24-25

Chusnaini, Azmil. 2016. Proses Tumbuh dan Berkembangnya Komunitas Merek Sebagai Gerakan Sosial. Jurnal Ekonomi dan Bisnis,

Kurniawan, Firman., Arifin, Zainul., Fanami, Dahlan. 2018. Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis, vol 56. 2-5.

.


Article Metrics

Abstract view : 83 times | PDF view : 38 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.