Adaptasi Pembelajaran Daring Terhadap Perilaku Sosial Siswa di SDN Maradekaya 1 Kota Makassar
(1) Universitas Negeri Makassar, Indonesia
(2) Universitas Negeri Makassar, Indonesia
(3) Universitas Negeri Makassar, Indonesia
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/prd.v3i1.36200
Abstract
ABSTRAK
Rika Ayu Cahyani, 2022. Penelitian dilakukan di SDN Maradekaya 1 Kota Makassar. Adapun tujuan dilaksanakannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui (1) Adaptasi apa yang dilakukan oleh guru dan serta peserta didik saat proses pembelajaran daring di SDN Maradekaya 1, dan (2) Bagaimana pengaruh adaptasi pembelajaran daring terhadap perilaku sosial siswa di SDN Maradekaya 1. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik penentuan informan yaitu purposive sampling dengan teknik pengumpulan data yaitu observsi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa adaptasi pembelajaran daring yang dilakukan selama masa pandemi memberikan pengaruh yang cukup signifikan pada perilaku sosial siswa. Hal ini dikarenakan sebagian orang tua siswa yang dimana juga berperan penting dalam berlangsungnya proses pembelajaran daring sibuk bekerja diluar rumah untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari sehingga anak kurang mendapatkan perhatian serta bimbingan saat proses pembelajaran daring dirumah dan akan mempengaruhi hasil belajar siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Ahmad. 2021. “Interaksi Sosial: Pengertian, Ciri-ciri, Syarat, Faktor dan Contoh,” 2021. https://www.gramedia.com/literasi/interaksi-sosial/.
Euis Kurniati, Dina Kusumanita Nur Alfaeni, Fitri Andriani. 2020. “Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19”. Jurnal Obsesi :Jurnal Anak Usia Dini. Vol 5 No 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541
Puji Asmaul Chusna, Ana Dwi Muji Utami. 2020. “Dampak Pandemi Covid--19 Terhadap Peran Orang Tua Dan Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Daring Anak Usia Sekolah Dasar.” PREMIERE : Journal of Islamic Elementary Education 2 (1): 11–30. https://doi.org/10.51675/jp.v2i1.84.
Article Metrics
Abstract view : 41 times | PDF view : 8 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.