ETOS KERJA PEREMPUAN PENENUN SEMI MODERN KAIN SUTERA DI DESA PAKKANNA KECAMATAN TANASITOLO KABUPATEN WAJO

Muhammad Akbar Sahibuddin(1*), Mario s.m ,(2), Ashari Ismail ,(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/prd.v3i1.36196

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan agar mengetahui (1) Bagaiamana Etos Kerja Perempuan Penenun Semi Modern Kain Sutera di Desa Pakkanna Kecamatan Tanasitolo Kabupaten Wajo. (2) Apa Motivasi Kerja Perempuan Penenun Semi Modern Kain Sutera di Desa Pakkanna Kecamatan Tanasitolo Kabupaten Wajo. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, penelitian kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati, dimana dalam penelitian ini memilih informan menggunakan purposive sampling dengan berbagai kriteria yang ditentukan yaitu Perempuan Penenun Semi Modern Yang Bekerja Selama 5 tahun Ke Atas, Pengusaha Kain Sutera, Kepala Desa Pakkanna Kecamatan Tanasitolo Kabupaten Wajo. Teknik Pengumpulan Data Yang Dilakukan merupakan Observasi, Wawancara & Dokumentasi. Reduksi Data, Penyajian Data, dan Penarikan Kesimpulan merupakan cara untuk menganalisis data.

Dari hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Etos kerja perempuan penenun semi modern kain sutera di Desa Pakkanna Kecamatan Tanasitolo Kabupaten Wajo yaitu memiliki sebuah etos kerja yang tinggi dan kerja keras, kedua yaitu jujur dan bertanggung jawab atas pekerjaannya, ketiga yaitu cinta terhadap pekerjaannya dan kerja ikhlas (2) Motivasi kerja perempuan penenun semi modern kain sutera di Desa Pakkanna Kecamatan Tanasitolo Kabupaten Wajo yaitu motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik, motivasi intriksi yaitu motivasi atau dorongan dalam diri sendiri tanpa adanya pengaruh dari luar, sedangkan motivasi ekstrinsik adalah motivasi atau dorongan dari luar seperti upah dan kebudayaan yang masih kental.

 



Keywords


Kata Kunci : Etos Kerja, Perempuan Penenun Semi Modern, Motivasi Kerja.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Damsar. 2011. Pengantar Sosiologi Pendidikan. Kencana, Jakarta.

Https://wajokab.go.id diakses pada 21 Desember 2021.

Maslow, Abraham H. Motivasi dan Kepribadian (Jakarta : PT Pustaka Binawan Presindo)

Moleong, Lexy J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja.

Muhammad Syukur, dkk, Transformasi Penenun Bugis-Wajo Menuju Era Modernitas. 2014. Program Studi Sosiologi Universitas Negeri Makassar.

Narwoko dan Suyanto 2010, Sosioologi Teks Pengantar dan Terapan edisi ketiga. Jakarta : Prenada Media Group.

Oktariana. 2013. “Pengaruh Etos Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sarolangun”. Kumpulan Jurnal Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Andalas, Manajemen S-1, Vol. 1 (2013) No.1.

Poerwardarminta, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2006.

Sinamo, Jansen. 2005. Delapan Etos Kerja Profesional: Navigator Anda Menuju Sukses. Bogor : Gratifikasi Mardi Yuana.

Wibowo, 2011 Manajemen Kinerja. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.


Article Metrics

Abstract view : 18 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.