PENDAMPINGAN DAN BENTUK PEMANFAATAN PROGRAM KELUARGA HARAPAN (Studi Sosiologi di Kelurahan Mallawa, Kecamatan Mallusetasi Kabupaten Barru)

Karlina . .(1), Mario S Manra(2*),

(1) Sosiologi Universitas Negeri Makassar
(2) Sosiologi Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/prd.v2i2.32299

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pendampingan keluarga Program Keluarga Harapan serta bentuk pemanfaatan dana bantuan Program Keluarga Harapan oleh Keluarga Penerima Manfaat di kelurahan Mallawa Kecamatan Mallusetasi Kabupaten Barru. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif Kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi yang terkait dengan masalah yang akan diangkat. Tekhnik penentuan informan menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari proses pendampingan melalui tiga tahapan untuk mencapai Pemberdayaan Sosial Berbasis Keluarga (Family Development Session) yaitu: (1) Melalui pertemuan Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga  Keluarga, Penerima Manfaat sudah mulai menerapkan apa yang disampaikan oleh pendamping dengan memperhatikan cara pengasuhan dan pendidikan anak, pengolahan keuangan keluarga, perlindungan anak dan meningkatkan kesehatan terhadap anak usia dini. Namun peneliti tidak menemukan adanya sarana untuk perekonomian yang diberikan kepada Kelarga Penerima Manfaat dimana bertujuan untuk meningkatkan penghasilan dan mengembangkan jiwa kewirausahaan Penerima Manfaat. (2) Adapun bentuk Pemanfaatan dana Program Keluarga Harapan telah di pergunakan sebaik-baiknya sesuai dengan pedoman umum yang di mana hanya diperuntukkan untuk memenuhi kebutuhan pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan sosial bagi lanjut usia. Namun masih ada Keluarga yang terkadang tidak menerima haknya sebagai peserta Program Keluarga Harapan dalam artian Keluarga tersebut tidak menerima dana Program Keluarga Harapan dalam beberapa kali pencairan.



Keywords


Kata Kunci: Program Keluarga Harapan. Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga

References


DAFTAR PUSTAKA

Abdulsyani. 2007. Sosiologi Skematika, Teori, dan Terapan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Ahmad Asnawi. 2018. Manfaat Program Keluarga Harapan (PKH) Bagi Masyarakat Miskin Di Desa Ujung Bawang Kecamatan Singkil Kabupaten Aceh Singkil, Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Jurnal ilmu sosial (Volume: 1 Nomor: 2 Tahun: 2018). Diakses 20 April 2019.

Peraturan menteri sosial No 1 Pasal 1 Tahun 2018.

Ritzer, George. 2014. Teori Sosiologi Modern. Jakarta: Kencana.

Rizal, M. 2018. Pengaruh Program Keluarga Harapan Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Kabupaten Sidoarjo Tahun 2017. (Skripsi, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Surabaya, 2018).

Turner, Bryan S. 2012. Teori Sosial Dari Klasik Sampai Postmodern. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Article Metrics

Abstract view : 101 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.